DOBO, Siwalimanews – Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga menjadi orang pertama yang divaksin Covid-19 di kabupaten itu, sekaligus pencanangan vaksinasi yang dipusatkan di RSUD Cenderawasih Dobo, Rabu (27/1).

Usai bupati, diikuti oleh Wakil Bupati, Muin Sogalrey bersama sejumlah perwakilan Forkompinda masing-masing, Kapolres AKBP Sugeng Kundarwanto, Danlanal Letkol Laut (P) Qoirur Roziqin, Kajari Andi Panca Sakti, Ketua PN Dobo M Purba serta perwakilan tokoh agama dan tokoh pemuda.

Pantauan Siwalimanews di RSUD Dobo, proses pelaksanaan vaksinasi dimulai sejak pagi hari pukul 7.30 WIT yang diawali dengan pengecekan dan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu kepada setiap calon peserta penerima vaksin.

Bupati pada kesempatan itu mengatakan, sebagai pimpinan daerah di kabupaten itu, ia mempunyai tanggung jawab untuk menjadi contoh kepada masyarakat dan itu telah dilakukan sebagai orang pertama yang divaksin.

Selain itu, pemerintah juga telah menjamin Vaksin Sinovac yang digunakan sudah sesuai standar keamanan dan telah melewati uji klinis yang ketat.

Baca Juga: 27 Casis SIPSS Jalani Tes Kompetensi Keahlian

“Sebagai warga negara Indonesia tentu saja jadi satu keharusan bagi kita semua dan kewajiban untuk melindungi, bukan saja diri kita, keluarga kita, tetapi juga lingkungan kita, semoga dengan vaksinasi ini kesehatan pulih dan kita kembali seperti sediakala,” ucapnya.

Pasca divaksin Covid-19 bupati mengaku, ia tidak merasakan efek samping apa-apa.

“Saya tidak merasakan apa-apa, jadi tenaga kesehatan dan masyarakat Aru tidak perlu ragu untuk divaksin,” ujarnya.

Untuk itu, dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru, agar tidak perlu ragu untuk divaksin.

“Masyarakat tidak usah takut untuk divaksin dan jangan percaya berita-berita hoax tentang vaksin, karena vaksin ini aman untuk kita, demi mencegah penyebaran Covid-19,” himbaunya.

Untuk diketahui setelah rposes vaksinasi pertama sekaligus pencanangan ini, proses vaksinasi selanjutnya pada tahap kedua di Kabupaten Aru akan dilaksanakan pada 10 Februari mendatang. (S-25)