PIRU, Siwalimanews – Bupati Seram Bagian Barat, Timotius Akerina, meletakan batu pertama pembangunan Masjid Jami Al-Hilal, Desa Kamal, Kecamatan Kairatu, Jumat (8/10) siang.

Selain peletakan batu peretama, Bupati Akerina juga menyumbang dana untuk pembangunan masjid sebesar Rp 250 juta.

Bupati pada kesempatan itu minta kepada masyarakat, perangkat desa, serta alim ulama, dan segenap tokoh pemuda yang ada, kiranya dapat mencurahkan perhatian, bagi pembangunan masjid ini.

“Pembangunan sebuah masjid sejak awal harus terlihat jelas fisiknya dan bekerja juga harus kompak, sehingga dapat selesai sesuai yang diharapkan umat,” ucapnya.

Menurutnya, dalam membangun sebuah rumah ibadah, harus menjunjung kebersamaan dan jiwa gotong royong dengan menegakan kesatuan dan persatuan, agar pembangunan berjalan dengan baik.

Baca Juga: Komisi IV Dorong Pembenahan Prestasi Olahraga di Maluku

“Jika kita bersandar kepada nasehat agama, maka seorang muslim dianjurkan untuk berlomba memilih garis terdepan sebagai bagian dari keutamaan dalam menjalankan praktek hidup beragama,” tuturnya.

Hakekat pembangunan sebuah masjid kata bupati, merupakan salah satu wujud membangun derajat ketaqwaan, dasar kecintaan kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa, guna tercapainya keselamatan dunia dan akhirat.

Pasalnya, bila dilihat dari fungsinya, disamping sebagai pusat atau tempat ibadah secara berjamaah, juga sebagai sarana menjalin silaturahmi melalui kegiatan kemakmuran masjid, sehingga akan menumbuhkan kokohnya ukhuwah antara sesama kalangan umat Islam.

“Dengan begitu, pemda sangat berterima kasih dan sangat mendukung penuh atas pembangunan masjid ini, semoga dapat mendorong dan berkontribusi terhadap pembangunan di Bumi Saka Mese Nusa, baik pembangunan fisik maupun moral. Hal ini sejalan dengan visi kabupaten yang makmur dan agamis,” tandasnya.

Kepala Desa Kamal Ferri Souhalli berharap, dengan peletakan batu pertama ini, semoga akan memberikan berkah kelancaran untuk pelaksanaan pembangunan Masjid Jami Al- Hilal Kamal ke depannya lebih baik lagi.

“Selaku pemdes terlebih khusunya masyarakat Kamal sangat mengucapkan terima kasih kepada pemda, atas bantuan dan dukungannya untuk pembangunan masjid ini,” ujarnya.

Dengan dukungan dari Pemda SBB tambah Kades, masyarakat Kamal juga memberikan apresiasi juga kepada seluruh panitia yang sudah berusaha berkorban, baik dalam pikiran dan materi, sehingga pembangunan masjid ini dapat terlaksana. (S-48)