AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka menyambut perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia  ke-76 di Maluku dan Maluku Utara, maka PLN menyiagakan sebanyak 607 petugas untuk mengamankan pasokan listrik.

Keseluruhan petugas tersebut akan disiagakan mulai 16-18 Agustus 2021, khususnya untuk pengamanan lokasi-lokasi pelaksanaan perayaan HUT RI ke-76.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Adams Yogasara menyebutkan, PLN menyiapkan juga power bank atau uninterruptabel power supply (UPS) berkapasitas 100 dan 250 KVA serta genset berkapasitas 5-100 KW yang tersebar di lokasi-lokasi siaga.

“Untuk di Lapangan Merdeka Ambon sendiri, kami menyiapkan power bank atau UPS berkapasitas 250 KVA dan genset berkapasitas 40 KW guna menjaga kehandalan pasokan listrik di lokasi perayaan HUT RI ke-76 di Ambon,” tulis Adams dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Senin (16/8).

Adapun dari sisi ketersediaan daya listrik, daya mampu PLN di Provinsi Maluku sendiri mencapai 222,17 MW dengan beban puncak sebesar 109,79 MW sehingga terdapat cadangan daya sebesar 112,38 MW.

Baca Juga: Sairdekut Minta Pemprov Jangan Kebiri Hak Atlet

“Sehingga dari sisi daya yang tersedia di sistem kelistrikan cukup. Namun tetap kami mengantisipasi dengan menyiapkan UPS dan genset tersebut untuk menjaga keandalan apabila ada gangguan yang terjadi dari luar kendali kami, misalnya karena faktor cuaca,”  tutup Adams. (S-51)