AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon resmi membuka Seleksi jabatan Sekretaris Kota Ambon yang dipastikan akan ditinggalkan pejabat lama, AG Latuheru yang akan memasuki masa pensiun di tahun ini.

Diketahui dibukanya seleksi jabatan Sekretaris Kota Ambon ini, setelah Panitia seleksi yang dipimpin Pelaksana tugas Sekda Maluku Sadli Ie mengeluarkan pengumuman dengan Nomor: 04/PANSEL/PKA/X/2021 tentang seleksi terbuka jabatan Sekretaris Daerah Kota Ambon.

Sumber terpercaya Siwalimanews di BKSDM Kota Ambon menyebutkan, seleksi jabatan Sekot Ambon ini dilaksanakan berdasarkan UU Nomor: 5 tahun 2014 tentang ASN, Peratuaran Pemerintah Nomor: 11 tahun 2017  tentang Manajemen PNS, sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor: 17 tahun 2020 tentang perubahan atas perubahan Peratuaran Pemerintah Nomor: 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS, serta Peraturan Menpan RB Nomor Nomor: 15 tahun tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah.

“Selain itu seleksi ini juga sesuai dengan  Surat Edaran Menpan RB Nomor: 52 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Pemerintah Dalam Kondisi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019,” ujar sumber tersebut yang enggan namanya dipublikasikan, Selasa (5/10).

Menurutnya, pengumuman yang dikeluarkan Pansel ini juga bersufat undangan yang ditujukan bagi para ASN yang memenuhi syarat untuk mengikuti proses seleksi ini.

Baca Juga: Mantan Kadis LHP Lucia Izaak Jalani Sidang Perdana

Saat ditanya kapan proses pelaksanaan seleksi berlangsung ia menyebutkan, proses ini sudah mulai berlangsung sejak pansel mengeluarkan pengumuman pendaftaran sejak, Senin (4/10) kemarin yang diumumkan melalui media massa dan website www.ambon.go.id.

Untuk pendaftaran dan penerimaan berkas lamaran akan dilakukan pansel mulai dari tanggal 5 hingga 9 Oktober, sementara pengumuman hasil seleksi administerasi dan penelusuran rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas akan diumumkan di media massa dan website www.ambon.go.id.

Sedangkan pada tanggal 12 hingga 13 Oktober akan digelar tes kesehatan dan kejiawaan di rumah sakit pemerintah yang ditunjuk pansel, sedangkan pengumuman hasil tes kesehatan dan kejiawaan akan diumumkan pada 14 Oktober melalui papan pengumuman dan website  www. Ambon.go.id.  

“Sedangkan seleksi manajerial dan seleksi komptensi sosial kultural akan dilakukan tim assessor pada 15-16 Oktober. Untuk hasilnya nanti akan diumumkan pada 18 Oktober melalui papan pengumuman dan Website  Website www.ambon.go.id ,” bebernya.

Sementara seleksi kompetensi teknis akan digelar pansel pada 19-20 Oktober dan pengumuman hasilnya akan dilakukan melalui website www.ambon.go.id, pada 21 Oktober, kemudian untuk wawancara oleh pansel akan berlangsung pada 22-23 Oktober.

Pengumuman hasil akhirnya sendiri  akan diumumkan melalui papan pengumuman dan Website www.ambon.go.id pada 26 Oktober.    

“Walaupun demikian pansel juga minta agar peserta seleksi dapat memanatu terus jadwal seleksi melalui website www.ambon.go.id, sebab sewaktu-waktu jadwalnya dapat berubah,” tuturnya. (S-52)