BUPATI Malteng Tuasikal Abua, melantik dan mengambil sumpah Richard Y.B Lailossa sebagai Kepala Pemerintah Negeri Waraka Kecamatan Teluk Elpaputih Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (28/9).

Saat melantik dan mengambil sumpah Richard Lailossa sebagai Upu Manuhualattu Laillossate XX Bupati Tuasikal Abua berpesan agar dalam memimpikan Negeri Paisine Yalmalatu Waraka diharapkan senantisa melayani dengan sepenuh hati demi memajukan Negeri Waraka ke arah yang lebih baik di masa mendatang.

“Menyadari bersama bahwa tugas dan tanggung jawab yang diemban mulai hari ini merupakan amanah suci yang nantinya harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat, Negeri, Pemerintah Daerah dan terutama kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, maka segala langkah kebijakan ataupun keputusan yang akan saudara ambil, haruslah dida­sarkan pada ketentuan perun­dangan yang berlaku dan benar-benar dilakukan dengan tulus dan niat baik untuk memajukan masyarakat dan negeri,” tandas Tuasikal

Menyikapi berbagai persoalan dan harapan masyarakat yang semakin keras disuarakan untuk mendapatkan pelayanan publik yang lebih baik lagi terutama dalam kondisi pandemi Covid-19, maka terobosan dan inovasi harua dapat dilakukan dalam merumuskan berbagai program dan kebijakan untuk memenuhi tuntutan rakyat itu.

“Selaku Kepala Pemerintah Negeri, saudara harus mampu melakukan terobosan-terobosan yang inovatif dalam merumuskan berbagai program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat guna mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju kemajuan dan kemandirian negeri,” pinta Tuasikal.

Baca Juga: Bocah Perempuan Hilang, Diduga Diterkam Buaya

Selain itu lebih lanjut Bupati pun mengingatkan KPN Waraka agar dapat secara transparan me­ngelola keuangan Negeri sesuai mekanisme perundang-undangan yang berlaku.

“Terkait pengelolaan keuangan negeri, maka perlu saya ingatkan pula kepada saudara Kepala Pemerintah Negeri selaku pena­nggungjawab pengelolaan ke­uangan negeri agar dapat mela­kukan seluruh proses dan mekanisme pengelolaan keua­ngan negeri sesuai dengan ke­tentuan yang berlaku sehingga da­pat menghindari penyalahgunaan pengelolaan keuangan baik Dana Desa dan Alokasi Dana Desa,” harapnya.

Bupati dua periode itu mene­gaskan, agar seluruh KPN di Ke­camatan Teluk Elpaputih dapat bekerja lebih keras lagi memberi­kam edukasi kepada masyarakat untuk senantiasa menaati protokol kesehatan serta mengikuti program vaksinasi massal yang se­mentara digalakan pemerintah, sebagai bentuk upaya penanga­nan Pandemi Covid-19.

“Melalui kesempatan ini pula, saya sangat berharap perhatian serius dan dukungan dari seluruh Kepala Pemerintah Negeri di Ke­camatan Teluk Elpaputih untuk terus berupaya mendorong perce­patan pelaksanaan program Vaksinasi di setiap Negeri dengan memberikan sosialisasi dan edu­kasi kepada seluruh masyarakat mengenai vaksinasi sehingga nantinya cakupan vaksinasi di Ka­bupaten Maluku Tengah semakin meningkat dan masyarakat Kabu­paten Maluku Tengah semakin sehat dan angka Covid-19 bisa diturunkan,” jelasnya.

Tuasikal berharap semua komponen masyarakat di daerah Kabupaten bergelar Pamahanu-Nusa itu dapat terus bersinergi, bahu membahu,saling meng­hargai dan menghormati untuk terus membangun kabupaten Maluku tengah dalam semangat hidup orang Basudara. (S-36).