BUPATI Maluku Tengah Tuasikal Abua menyerahkan sejumlah bantuan ke masyarakat dengan nilai mencapai puluhan juta rupiah.

Bantuan bupati dua periode di bumi Pamahanu-Nusa itu diserahkan langsung ke masyarakat dalam kunjungan kerjanya di Kecamatan Seram Utara Timur Kobi dan Seti, Senin (11/10).

Kunker Bupati Tuasikal disampingi Ibu Amien Ruaty Tuasikal itu, ia berharap pemerin­tah negeri dapat terus berinovasi mengembangkan negeri.

Menurut Abua, pemerintah ka­bupaten akan terus memberi duku­ngan penuh bagi penyelenggaraan pemerintahan di desa.

“Berkenan dengan kunjungan kerja disaat ini, maka perlu dipa­hami oleh seluruh masyarakat bahwa pemerintah daerah Kabu­paten Maluku Tengah terus ber­komitmen penuh dalam mengupa­yakan ber­bagai keberhasilan dan kemajuan daerah, sehingga me­lalui kunju­ngan kerja ini, kami ingin mengetahui secara langsung situasi dan perkembangan penye­le­nggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kecamatan sam­pai ke negeri-negeri,” tandas Tuasikal.

Baca Juga: Bupati Ingatkan Inovasi Pembangunan Negeri

Selain mengharapkan agar pe­merintah negeri dan negeri admi­nistrasi mampu melakukan inovasi sebagai upaya peningkatan kua­litas pelayanan serta pengem­bangan pembangunan. Abua pun mengharapkan, setiap negeri dapat memberikan dukungan pe­nuh atas upaya pemerintah untuk menangani Pandemi Covid-19.

“Perlu dipahami bersama bah­wa menghadapi dampak Covid-19 hingga saat ini, pemerintah terus berupaya untuk membantu peme­nuhan kebutuhan masyarakat te­tapi juga berupaya untuk mening­katkan Herd Immunity (kekebalan) masyarakat melalui program vak­sinasi guna mencegah dan me­mutus penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Abua juga berharap adanya perhatian serius dan dukungan dari pemerintah kecamatan dan negeri agar terus berupaya men­dorong percepatan pelaksanaan program vaksinasi massal diga­lakan di seluruh negeri sehingga nantinya cakupan vaksinasi di Kabupaten Maluku Tengah sema­kin meningkat dan masyarakat Kabupaten Maluku Tengah semakin sehat.

Untuk diketahui dalam kunker itu, bupati bersama Ibu Amien Ruaty Tuasikal menyerahkan sejumlah bantuan berupa tambahan pagu Alokasi Dana Desa kepada seluruh negeri di Kecamatan Seram Utara Timur Seti dan juga bantuan-bantuan kepada masyarakat an­tara lain dokumen kependudukan berupa KK, KTP; bantuan cada­ngan beras pemerintah daerah bagi masyarakat kurang mampu sebanyak 3,9 ton,  bantuan peme­rintah bagi usaha mikro, bantuan kegiatan pengembangan bahan pustaka berupa buku sebanyak 135 buah, bantuan dana rehabi­litasi irigasi tersier sebesar Rp.75. 000.000 kepada 8 kelompok tani, bantuan mesin penggiling padi 1 paket, bantuan handtractor seba­nyak 5 unit, bantuan mesin pompa air sebanyak 34 unit, bantuan mesin tanam padi sebanyak 2 unit, dan bantuan sosial rumah swa­daya berupa uang sebesar Rp.20.000.000 kepada 59 KK, serta berbagai pelatihan bagi kader-kader PKK di Kecamatan Seram Utara Timur Seti.

Hal ini tentunya merupakan wujud kepedulian dan perhatian Pemerintah Daerah untuk terus dapat membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat dan mendorong peningkatan ketaha­nan ekonomi keluarga. (S-36)