SAUMLAKI, Siwlaimanews – Sejumlah barang kebutuhan sepekan terakhir sebelumnya terpantau naik signifikan seperti beras dan minyak goreng di Kota Saumlaki.

Dari semuanya barang kebutuhan beras dan harga minyak goreng merupakan komoditas yang menjadi perhatian, karena beberapa waktu terakhir harganya naikan. Saat ini sudah mulai stabil,” kata Penjabat Bupati Daniel Indey kepada wartawan disela-sela sidak ke Pasar Tradisional Ome­-le dan Ngrimase, Selasa (21/2).

Menurutnya salah satu alasan pemerintah melakukan inspeksi mendadak karena tingginya inflasi yang dipengaruhi tinggi harga kebutuhan. “Dampak inflasi cukup mengganggu kondisi ekonomi masyarakat maka, bersama TPID kita pantau di kedua pasar tradisional ini,” jelas bupati.

Dikatakannya, saat mendatangi pasar, pemerintah dan TPID fokus pada harga sembilan bahan pokok, harga sayur-mayur serta harga daging dan ikan. Dari semuanya itu, beras dan harga minyak goreng merupakan komoditas yang menjadi perhatian.

Selain itu orang nomor satu di bumi duan lolat itu menyempatkan diri berdialog dengan para pedagag.

Baca Juga: Perbaikan Infrastruktur Pasca Gempa Segera Dilakukan

“Tadi kita sempat berdialog dengan pedagang, terkait dengan harga barang kebutuhan. Karena beras dan minyak goreng jadi perhatian serius,” ungkapnya.

Untuk harga kebutuhan lainnya seperti sayur dan lainnya relatif stabil di kedua pasar tersebut.

“Kita berharap kedepan harga pasar dapat terjaga termasuk juga stok barang kebutuhan saat ini dan beberapa bulan kedepan,” tandasnya. (S-26)