SAUMLAKI, Siwalimanews – Komisi III DPRD Maluku memastikan perbaikan infra­struktur pasca gempa 7,5 SR yang melanda di Kabupaten Kepulauan Tanimbar segera diperbaiki.

“Semua Infrastruktur yang kena bencana akan dibangun dan menjadi menjadi perhatian. Soal anggaran kami DPRD akan mendorong pemerintah pusat karena anggaran provinsi ini terbatas,” kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Maluku, Saudah Tethool, kepada wartawan ketika mendampingi kunker komisi V DPR ke Saumlaki, Senin (20/2).

Menurutnya kedatangan rombongan Komisi III DPRD Maluku dan rombongan Komisi V DPR ke Saumlaki adalah untuk menindaklanjuti hasil rapat kemarin bersama Komisi V DPR dan Pemkab Tanimbar dan Pemerintah Provinsi Maluku beberapa waktu lalu.

Untuk mengangun sendiri, pemda KKR juga terbatas anggaran, maka semua kita akan berharap ke pemerintah pusat.

“Kita belum tahu dengan perencanaan sesuai kebutuhan anggaran itu mungkin diatas 10 sampai 20 miliar bisa kami berikan janjinya” ujarnya.

Baca Juga: Perwakilan Maluku Tampil Memukau

Kunjungan yang dilakukan bersama rombongan itu juga meninjau bangunan dan ruas jalan. di KKT persoalannya, banyak infrastruktur yang yang terkena bencana, yaitu Kantor Bupati, sekolah dan puskesmas.

“Perhari ini, pelayanan di kantor bupati lakukan di luar gedung dan hal itu menjadi perhatian khusus kami komisi III DPRD Maluku,” jelasnya.

Lebih lanjut, katanya ada titipan-titipan yang di dorong oleh pemerintah Kabupaten maupun DPRD Maluku khususnya Komisi III agar semua ini menjadi perhatian.

Ada beberapa infrastruktur yang akan di bangun oleh Balai Jalan nasional maupun balai perumahan.

“Untuk perbaikan jalan, Balai Jalan nasional menganggarkan ku­rang lebih 32 miliar untuk peme­liharaan jalan dan pemantapan jalan serta ada kawasan permukiman yang diperbaiki,” ungkapnya.

Ia menambahkan selain kantor Bupati dan sekolah komisi III juga ber­kunjung ke beberapa lokasi se­perti Lapangan Mandwriak serta masjid utama di Saumlaki yang telah di rehab.

“Harapan kami bahwa tempat MTQ itu harus diserahkan ke Kabu­paten agar lebih fokus dalam rangka pemeliharaan,” harapnya. (S-26)