AMBON, Siwalimanews – Pengurus Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN) wilayah Maluku periode 2020 -2023 secara resmi telah terbentuk dan dilantik.

Pelantikan ini dilakukan langsung oleh Dewan Pimpinan Nasional IPKN bersamaan dengan dilantiknya pengurus IPKN wilayah Timur yang meliputi Sulawesi, Maluku dan Papua dilakukan secara virtual, Kamis (15/10).

Sebanyak 800 peserta baik secara virtual maupun secara langsung menghadiri kegiatan ini yang terdiri dari 50 orang berasal dari BPK Pusat dan ditambah 750 orang yang berasal dari wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua.

Untuk IPKN Maluku pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum DPN, Bahrullah Akbar dengan Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat IPKN Nomor : 25K/DPN-IPKN/10/2020 Tentang Pengangkatan  Pungurus IPKN Wilayah Maluku.

IPKN Wilayah Maluku diketuai Muhammad Abidin, Wakil Ketua Risal Suhaili, Sekretaris Pawana Darma Winachta, Bendahara Peter Sugiarto serta beberapa kepala divisi dan anggota. Bahrullah dalam sambutannya mengatakan, IPKN merupakan wadah bagi para pemeriksa keuangan negara yang pendiriannya telah disahkan dalam Akta Pendirian IPKN Nomor 10 tanggal 19 Februari 2020, serta berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor AHU-0001495.AH.01.07.Tahun 2020 tanggal 20 Februari 2020.

Baca Juga: Kapolres Malteng Ajak OKP Ikuti Operasi Yustisi

Menurutnya, pembentukan dan pelantikan pengurus IPKN wilayah bertujuan untuk membina dan meningkatkan kompensasi pemeriksa keuangan negara yang secara sistematis dan berkesinambungan. “Pembentukan ini bertujuan meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mewujudkan kualitas pemeriksaan keuangan negara,” katanya.

Bahrullah berharap dengan dilantiknya pengurus IPKN wilayah timur termasuk Maluku dapat memberikan kontribusi bagi pemeriksaan keuangan negara menuju Indonesia yang maju. (Cr-2)