AMBON, Siwalimanews – Dalam jangka waktu empat hari belakangan ini, trend angka penyembuhan Covid-19 di Kota sudah mulai meningkat.

Pelupessy menuturkan, terhitung Senin (12/10) sampai dengan Kamis (15/20), kasus pasien sembuh di Kota Ambon berangsur meningkat terhitung sebanyak 375 orang.

“Untuk hari Senin itu, yang sembuh sebanyak 102 orang, sementara hari Selasa 75 orang, hari Rabu 19 orang dan hari Kamis 179. Jadi total selama empat hari semuanya 375 pasien dinyatakan sembuh,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, kepada wartawan, Kamis (15/20).

Dikatakan, bagi angka terkonfirmasi yang selama ini menjadi momok bagi masyarakat maupun pemerintah justru tak mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut, dikarenakan selama empat hari belakangan ini hanya 24 orang saja yang dinyatakan terindikasi Covid-19.

“Semuanya 24, terbagi dari hari Senin itu ada 10 orang, Selasa tiga orang, Rabu satu orang dan Kamis 10 orang. Angka ini sangat kecil dibandingkan dengan jumlah pasien sembuh, “ terangnya.

Baca Juga: Hari Ini, Maluku Catat 180 Pasien Covid Sembuh

Kata Pelupessy, jumlah pasien positif Corona terhitung Maret 2020 lalu, sampai dengan Oktober ini berjumlah 2.871 orang, dengan tingkat kesembuhan yang men­capai 785 pasien. “Jadi mulai dari Ma­ret lalu hingga tanggal 14 Oktober 2020 kemarin, 2.871 orang sudah terpapar Corona. Angka kematian kita sejauh ini, hanya 1.1 persen secara nasional, “ paparnya.

Ditambahkan Pelupessy, meski dengan angka kesembuhan terbilang meningkat tersebut, namun, saat ini di Kota Ambon, ting­kat penularan Corona terhitung masih tinggi. Oleh sebab itu, dirinya mengung­kapkan tingkat terkonfirmasi per minggu­nya masih diatas lima persen standar nasional. “Secara nasional, angka ter­konfirmasi itu harus dibawah lima persen. Sementara kita masih 20 persen, terakhir mengalami penurunan hingga 18 persen. Sedang kita upayakan agar bisa mencapai target dibawah lima persen, “ tandas Pelupessy. (Mg-6)