BULA, Siwalimanews – Bupati Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas mengajak seluruh masyarakat segera melaporkan pajak penghasilan kepada pemerintah.

Pelaksanaan pekan panutan penyampaian SPT tahunan pajak penghasilan wajib pajak diawali dengan pemutaran video panutan yang berlangsung di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Bula, Kamis (29/2).

“Video ini diharapkan dapat memberikan contoh dan motivasi bagi warga masyarakat untuk segera melaporkan SPT,” kata Keliobas.

Ditempat yang sama Kepala KP2KP Bula Tomy Wardana juga menyampaikan hal yang sama dilakukan oleh bupati SBT.

“Kita menghimbau dan sekaligus untuk mengajak masyarakat di SBT agar segera untuk melaporkan SPT tahunan sebelum batas waktu yang telah ditentukan,” pinta Tomy.

Baca Juga: Aliansi Pemerhati Serbu Kantor KPU Maluku

Menurutnya KP2KP Bula juga menyediakan layanan asistensi dan konsultasi bagi masyarakat yang ingin melaporkan SPT.

Masyarakat bisa datang langsung ke Kantor KP2KP atau melalui layanan online yang tersedia.

“Kami juga memberikan layanan di luar kantor untuk instansi yang membutuhkan asistensi pelaporan SPT Tahunan secara kolektif,” jelasnya.

Di bulan Mei mendatang, Direktorat Jenderal Pajak akan memulai mengoperasikan sistem perpajakan yang baru yang diberi nama core tax system atau  sistem inti administrasi perpajakan.

“Dimana pada sistem tersebut NIK akan berlaku sebagai NPWP,” jelasnya.

Pemadanan NIK dan NPWP ini penting lanjutnya, untuk memastikan data wajib pajak yang terdaftar di DJP akurat dan valid, sehingga tidak menimbulkan masalah ketika sistem baru nanti digunakan.

Bagi masyarakat yang belum melakukan pemadanan NIK dan NPWP, pihaknya berharap segera melakukannya, agar ketika sistem yang baru sudah siap, masyarakat bisa segera memanfaatkan layanannya dan tidak mengalami kendala.

Masyarakat juga dapat melakukan pemadanan NIK dan NPWP secara online melalui website DJP online atau dapat datang langsung ke KPP/KP2KP terdekat.

“Pekan panutan ini diharapkan akan menjadi contoh dalam mendorong ketaatan pajak di kalangan masyarakat,” tandasnya.

Ia mengaku dengan dukungan dari bupati, perangkat daerah serta instansi vertikal, juga diharapkan semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk melaporkan SPT tahunan mereka.

“Ini merupakan langkah penting dalam membangun kesadaran pajak di kalangan masyarakat,” katanya. (S-27)