AMBON, Siwalimanews – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy meminta kepada seluruh anggota satuan polisi pamong praja (Satpol-PP) Kota Ambon untuk tidak bersikap arogan dalam melaksanakan tugas di lapangan.

Hal ini menjadi harapan Louhenapessy saat memberikan arahan pada upcara peringatan HUT ke-71 Satpol-PP di Balai Kota Ambon, Rabu (3/3).

Agar tidak menimbulkan stigma buruh dari masyarakat, dirinya meminta untuk lebih menjaga sikap saat melaksanakan tugas yang diberikan.

“Kepercayaan dan nama baik sebagai anggota Satpol PP ini harus kita tunjukan, jangan bersikap arogan sehingga menimbulkan polemik,” pinta Louhenapessy.

Satpol PP, mesti berada dibawah kewenangan pemerintah namun tugas yang diembankan pada mereka sama saja dengan kepolisian.

Baca Juga: Proses Penilaian Terhadap 29 ASN Masih Berjalan

Peningkatan disiplin dan profesionalitas tentu menjadi faktor utama keberhasilan penyelesaian setiap tugas yang diembankan, serta menjadi teladan bagi masyarakat.

“Negara menyadari sungguh bahwa peran dan tanggung jawab Satpol PP dalam memback-up penyelenggaraan pemerintahan, amat sangat penting dan hanya berada satu level dibawah Polri, sehingga soal disiplin, ketaatan, profesionalitas, tidak ada bedanya dengan Polri,” tegasnya.

Walikota dua periode ini juga berterima kasih atas peran aktif para petugas Satpol-PP dalam menerangi pandemik Covid-19 yang sampai dengan hari ini masih menghantui ibukota Provinsi Maluku ini.

“Saya bangga, kita bisa mengendalikan penyebaran Covid 19 ini, dan Satpol PP memberikan kontribusi luar biasa dalam operasi yustisi setiap hari, untuk mendisiplinkan masyarakat agar taat protokol kesehatan (Prokes),” jelasnya.

Baginya, peran penting tersebut memiliki dampak yang besar sebab Kota Ambon saat ini berada pada kategori resiko sedang.

“Implikasi dari peran Satpol PP yang begitu aktif dalam pelaksa­naan operasi yustisi, dibantu apa­rat TNI/POLRI, membuat kota Ambon saat ini tetap bertahan di zona oranye atau resiko sedang pe­nyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Upacara Peringatan HUT Satpol PP ke-71 dihadiri oleh Kapolresta Pu­lau Ambon dan Pulau-pulau Lea­se, Kombes. Leo Simatupang, para pejabat di lingkup Pemerintah kota Ambon, serta Satgas Pena­nganan Covid-19 Kota Ambon. (S-52)