AMBON, Siwalimanews – Bung Michael Wattimena (BMW) kembali mangente SMA Kristen YPKPM Ambon di­usianya 65 tahun, Rabu (12/11)

BMW sapaan akrab Wattimena ini sebe­lumnya dalam pera­yaan HUT ke-60 ta­hun, menyapa alma­ma­ternya dengan ber­bagai kegiatan ter­masuk menyumbang­kan puluhan  hadiah doorprice.

Kali ini hadiah utama dari doorprice berupa sepeda motor kembali disiap­kan anggota DPR periode 2014-2019 itu dan berhasil diraih oleh salah satu alumni angkatan 2000.

Selaku alumni, BMW berharap SMA Kristen YPKPM Ambon tetap menampilkan performance akademis yang mumpuni.

“Jadi bukan saja pada hal yang sifatnya fisik berupa gedung dan sebagainya tetapi dengan usia 65 tahun ini, usia yang begitu matang dan usianya yang bersamaan de­ngan SMAN 1 Ambon dan SMAN 2 Ambon dan dengan usia yang sa­ngat panjang ini kami melihat seba­gai alumni dimana diusia 65 tahun ini bisa berbenah dengan berbagai program-program yang tidak kalah dengan program–program pada SMA negeri lainnya,” ungkap BMW kepada wartawan di sela-sela pera­yaan HUT ke-65 SMA Kristen YPKPM Ambon, Rabu (12/10).

Baca Juga: Diusulkan 8,4 M, Rovik Minta Fokus Program Popmal

Dalam sisi edukatif, kata Alumni angkatan 88 ini, begitu kompetitif dan minat daripada siswa lulusan SMP untuk ke SMA Kristen ini cukup banyak namun karena daya tampung yang terbatas sehingga tidak bisa mengakomodir semuanya artinya dari sisi itu bahwa siswa-siswa yang ingin melanjutkan study pada tingkat menengah atas begitu banyak animo ke SMA Kristen.

“Itu berarti kami melihat secara umum SMA Kristen dalam lingku­ngan sekolah swasta cukup mem­berikan balancing, cukup memberi­kan pendidikan yang setara dengan SMA-SMA negeri lainnya maupun pada SMA-SMA yang punya kua­lifikasi yang menjadi ukuran daripada Provinsi Maluku,” ujarnya.

Sebagai alumni SMA Kristen, BMW yang merupakan anggota DPR periode 2014-2019 itu berharap kedepan SMA Kristen mampu memberikan kualitas edukasi pendi­dikan yang juga bukan saja pada level provinsi tetapi juga pada level-level tingkat nasional.

Dikatakan, perayaan HUT ke-65 SMA Kristen ini sama dengan yang telah dilakukan lima tahun yang lalu, dimana perhatian dan kekompakan para alumni khususnya angkatan ’88 untuk membangun almamater itu tidak pernah sirna tetapi senantiasa memberikan perhatian yang serius da­lam berbagai kegiatan seperti door­pri­ce dengan hadiah utama sepeda motor sama halnya dengan yang telah kita lakukan di lima tahun yang lalu.

“Ini bentuk dari kekompakan dan perhatian kita para alumni kepada sekolah ini melalui kegiatan door­price maupun kegiatan lainnya,” terangnya.

Sebelumnya Wakil Gubernur Malu­ku, Barnabas Orno yang juga Ketua Alumni SMA Kristen YPKPM Ambon dalam sambutannya membe­rikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran SMA Kristen YPKPM Ambon yang selama ini telah menja­lankan misi mencerdaskan kehidu­pan bangsa melalui penyelengga­raan pendidikan formal sesuai kurikulum yang ditetapkan dimana sekolah tidak hanya melaksanakan kegiatan intrakurikuler tetapi juga ekstrakurikuler yang dilaksanakan secara bersamaan yang memung­kin­kan proses belajar mengajar serta transfer ilmu pengetahuan berlang­sung secara kontinyu melalui peng­embangan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa didik serta memberikan kesempatan ke­pada para siswa untuk mengem­bangkan kemampuan individunya.

“Sebagai sarana pendidikan, SMA Kristen dapat menerapkan literasi dan numerasi pembelajaran di seko­lah dalam rangka peningkatan kua­litas pembelajaran yang dilakukan melalui program sehari berliterasi dan majalah sekolah yang tentunya akan membangun kecakapan anak didik,” ujarnya.

Dirinya juga mengapresiasi ber­bagai kegiatan yang telah dilaksa­nakan oleh sekolah dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anak didik.

“Hal yang membanggakan kita semua yaitu bahwa para alumnus SMA Kristen YPKPM banyak yang telah meniti karier dan berhasil pada berbagai jenjang dan jenis peker­jaan. Keberhasilan ini tentunya akan memotivasi para siswa siswi yang sedang mengikuti pendidikan pada sekolah ini untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan indi­vi­dunya sehingga dapat menjadi generasi muda Maluku yang ber­kualitas,” harap Orno.

Ditempat yang sama, Kepala SMA Kristen YPKPM, Ny E Laturiuw mengatakan, memang sesuai jadwal itu tanggal 12 Oktober dilakukan jumpa alumni, yang dipaketkan dalam satu kegiatan melalui pekan profil belajar Pancasila didalamnya ada kegiatan HUT dengan tema : Datanglah dan lihatlah, dimana kami mengajak alumni untuk datang dan melihat sekolah.

“Saya selalu bilang bahwa alumni itu aset, sehingga perjumpaan-per­jumpaan seperti ini dijadikan seba­gai ajang silahturahmi, kita memba­ngun komunikasi dengan alumni, alumni datang lihat apa yang sekolah sudah buat, apa yang belum dan itu yang kita bangun selama ini. Tadi bisa dilihat luar biasa sekali sumbangsih dan perhatian alumni kepada sekolah ini dan itu akan kami pelihara terus,” ungkap Laturiuw.

Dijelaskan, saat ini SMA Kristen merupakan sekolah penggerak sehi­ngga tujuan akhir dari sekolah penggerak itu di tahun 2024, pihak­nya akan menjadikan sekolah berba­sis digital jadi bebas kertas atau paperline.

“Saya sementara berupaya untuk meminta bantuan dan tadi pak Wagub juga sudah bersedia untuk menyumbangkan 100 roombook dan akan diluncurkan 30 unit di tahap pertama, mudah-mudahan di tahun ini dan nantinya diacara 14 Oktober itu ada dua program unggulan yang kami launching yaitu sehari berliterasi dan majalah sekolah yang tadi sudah dilelang,” bebernya.

Dikatakan, sekarang ini pihaknya sementara siapkan geogle referensi school dan melalui bantuan pak wagub itu merupakan salah satu indikator sebagai syarat untuk mendapatkan predikat tersebut.

“Harapan kedepan, nanti pada waktunya sekolah itu cerdas dan berkarakter. Jadi kita tidak hanya mempersiapkan anak-anak untuk ilmunya saja tetapi juga karakternya, memang tidak mudah sekali tetapi kita akan tetap pupuk keberanian dari anak-anak sehingga pada waktunya profile SMA Kristen itu lain dari pada yang lain,” harapnya.(S-08)