AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena memastikan, akan melantik Raja Negeri Soya, pada Jumat, (3/5).

Kendati ada polemik dalam proses pemilihan Raja Negeri Soya, namun Pemerintah Kota Ambon tetap akan melantik Harve Rene Jones Rahatta sebagai raja.

“Besok pagi jam 10.00 WIT didahului dengan upacara adat oleh masyarakat adat Negeri Soya dan nanti baru dilantikan dengan pelantikan kepala pemerintahan,” ungkap walikota kepada wartawan di usia upacara Hardiknas, Kamis (2/5)

Disinggung soal adanya polemik terkait permasalahan hukum dalam tahapan pemilihan raja yang saat ini diajukan oleh pihak tertentu, walikota mengaku, pemkot berkepentingan untuk mengambil keputusan pelantikan, karena seluruh proses sudah berjalan sesuai ketentuan

“Saya rasa seluruh mekanisme tahapan sudah dilakukan dan pertimbangan teknis dari seluruh OPD terkait sudah memenuhi syarat dan kita melakukan pengasahan pengangkatan kepala pemerintah,” jelas walikota.

Baca Juga: Gali Bukti Dana Hibah KNPI, Jaksa akan Periksa 15 Saksi

Meskipun kata walikota, apabila nanti dalam proses hukum yang dilayangkan pihak lain terdapat putusan yang berbeda, maka pemkot tetap akan menyesuaikan atau mengikuti keputusan pengadilan.

Proses hukum tetap jalan tidak apa-apa. Pemerintah tidak bisa menahan diri untuk melakukan pelantikan karena persyaratan sudah dipenuhi. Nanti sekiranya dalam proses hukum itu apabila keputusan pengadilan menghendaki yang lain, maka kita sesuaikan dengan keputusan pengadilan. Saya kira itu yang dilakukan kepada semua negeri yang sudah kita lantik rajanya,” tandas walikota.(S-29)