BULA, Siwalimanews – dSebanyak 57 PAUD di Kabupaten SBT memperoleh Nomor Pokok Sekolah Nasional atau NPSN. Penyerahan NSPN itu dilakukan dalam upacara Hardiknas yang dipusatkan di halaman SD Negeri 1 Bula, Kamis, (2/5)

“Ada 57 PAUD yang masih berstatus swasta kami telah dorong menjadi negeri pada tahun ini dan pada puncak Hardiknas hari ini, telah diserahkan NPSN dari setiap satuan pendidikan PAUD itu dari pemda kepada setiap satuan pendidikan di SBT,” ungkap Plt Kadis Pendidikan SBT Sidik Rumalowak kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Kamis (2/5).

Selain itu kata Rumalowak, Kabupaten SBT juga telah diberikan kepercayaan oleh pemerintah pusat lewat Kementerian Pendidikan dimana ada tujuh siswa SMP dan SD hari ini juga mengikuti upacara festival tunas bahasa secara nasional di hotel Sultan.

“Ini pertanda bahwa kita telah bergerak maju, bukan saja dari sisi Infrastrukturnya saja, tetapi dari kesiapan fondasi pendidikan kita mendorong terus mulai dari kelembagaannya,” tandasnya.

Menurutnya, penerapan standar dalam hal ini literasi- minirasi yang di dalamnya juga memasukan salah satu kearifan lokal bahasa tunas dalam hal ini bahasa daerah atau bahas ibu.

Baca Juga: Dari Sidang Poltek, Saksi Akui Terima Fee dari Dua PPK

“Kemarin alhamdullilah kami sudah tindaklanjuti dengan penelitian bahasa daerah, dan ada tiga kamus bahasa daerah yang hari Ini juga kami serahkan ke kementerian lewat festival hari ini juga yang kami sampaikan dan selamat juga kepada seluruh warga SBT,  dan selamat Hardiknas untuk kita semua. Mari kita bergerak terus menata pendidikan di bumi Ita Wotu Nusa agar lebih baik lagi,” pintanya.(S-27)