TIAKUR, Siwalimanews – Dipastikan besok, Kamis (15/6) Menkopolhukam Mahfud MD selaku Ketua Pengarah BNPP dan Mendagri Tito Karnavian selaku Kepala BNPP, dipastikan akan meresmikan Gerbangdutas tahun 2023 di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Plh Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan Robert Simbolon mengaku, BNPP akan melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan dalam kunjungan kerja ke MBD Provinsi Maluku pada 14 Juni – 15 Juni 2023 mendatang.

Dalam agenda tersebut akan dilaksanakan pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) tahun 2023 dan kunjungan ke Pulau Meatimiarang, yang merupakan salah satu pulau kecil terluar Indonesia yang berbatasan dengan perairan Timor Leste dan Australia.

“Menkopolhukam Mahfud MD selaku Ketua Pengarah BNPP, dan Mendagri Tito Karnavian selaku Kepala BNPP, akan  memimpin pencanangan Gerbangdutas tahun 2023,” ungkap Robert dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Rabu (14/6).

Robert menjelaskan, pencanangan Gerbangdutas 2023 adalah gerakan nasional serentak sebagai simbol dimulainya pembangunan di kawasan perbatasan negara untuk tahun berjalan, sesuai dengan rencana kerja pemerintah.

Baca Juga: Konsumen Perumahan MBR Lapor Pattikaihatu ke DPRD Kota

Pada tahun ini, pemerintah pusat mengalokasikan anggaran sebesar Rp7.717.285.968.789 untuk mendukung pelaksanaan rencana aksi pengelolaan batas wilayah negara dan kawasan perbatasan (PBWN-KP).

“Dana sebesar Rp7,7 triliun untuk pembangunan kawasan perbatasan tersebut, digunakan oleh 28 kementerian dan lembaga  yang sebagian besar merupakan anggota BNPP,” ujar Robert yang juga menjabat sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP.

Seremoni pencanangan Gerbangdutas tahun 2023 di Kabupaten MBD, akan dipusatkan di Makodim 1511, Pulau Moa, Kamis (15/6).

Sejumlah layanan dan bantuan kepada masyarakat turut diberikan, antara lain berupa 850 paket sembako dari BRI dan BNI yang  akan didistribusikan ke 12 kecamatan lokasi prioritas (Lokpri) kawasan perbatasan.

“12 Lokpri  tersebut yakni, Kecamatan Letti, Kecamatan Moa, Kecamatan Kisar Utara, Kecamatan Kisar Selatan, Kecamatan Mdona Hiera, Kecamatan Pulau Masela, Kecamtan Wetar Barat, Kecamatan Wetar, Kecamatan Wetar Timur, Kecamatan Wetar Utara, Pulau Babar, dan Kecamatan Pulau-pulau Terselatan,” urainya.

Bantuan lain yang turut diserahkan untuk 12 kecamatan lokpri, termasuk untuk satgas pengamanan pulau terluat (Satgas Pamputer) kata Robert yakni, 30 unit motor tempel berkapasitas 7,5 PK dan mesen genset 300 watt sebanyak 6 unit oleh PT Deli Pratama Nusantara, serta solar cell 500 wh sebanyak 6 unit dari BAZNAS.

Dalam pencanangan Gerbangdutas tahun ini, juga diselenggarakan layanan administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil  yang diselenggarakan oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri, layanan Kesehatan Ibu dan Anak oleh Dinkes Provinsi Maluku dan Dinkes Kabupaten MBD.

“Pada Gerangdutas kali ini juga kami memfasilitasi pelaksanaan gerakan pangan murah oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas),” ungkap Robert.

Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian juga dijadwalkan mengunjungi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Tiakur Pulau Moa yang pengerjaan digarap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Pencanangan Gerbangdutas tahun  ini juga akan ditandai dengan peresmian sejumlah sarana dan prasarana yang pengerjaannya telah selesai pada tahun 2022. Proyek yang akan diresmikan adalah preservasi jalan di Pulau Leti, rekonstruksi jalan Kliis-Nyama sepanjang 174 km, penggantian Jembatan Wear Nuwewang sepanjang 20 meter di Pulau Leti, pembangunan gedung SMAN 20 Pulau Masela, pembangunan gedung laboratoriun kimia SMAN 9 Kecamatan Moa, dan pembangunan RSU Penok Tiakur.

“Sebelum memulai rangkaian acara pencanangan Gerbangdutas di Pulau Moa, Menkopolhukam dan Mendagri akan memulai kunjungan ke Pulau Meatimiarang, di Kecamatan Mdona Hiera, Kabupaten MBD,” tutur Robert.

Pulau yang memiliki luas 13,29 kilometer persegi ini menurut Robert,  awalnya adalah pulau tak berpenduduk yang hanya dihuni oleh Satgas Pamputer dari TNI. Kini, Pulau Meatimiarang  dihuni oleh 17 KK yang mata pencahariannya adalah nelayan.

Di Pulau ini, Menkopolhukam dan Mendagri selain mengecek fasilitas sarana dan prasarana Satgas Pamputer, juga akan berdialog dengan personel satgas sekaligus memberikan bantuan kepada mereka dan masyarakat yang ada di pulau itu.

“Menko Mahfud MD dan Mendagri beserta rombongan akan menyambangi Pulau Meatimiarang, dengan menggunakan helikopter Super Puma milik TNI AU, didukung oleh helikopter angkut Agusta Westland (AW) milik Polri,” beber Robert.

Selama Gerbangdutas tahun 2023, Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian akan didampingi pejabat tinggi madya BNPP, diantaranya Robert Simbolon, Plh Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Gutmen Nainggolan,  Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan Jeffry Apoly Rahawarin, serta Kelompok Ahli BNPP Hamidin dan Ali H Bogra.(Mg-2)