DOBO, Siwalimanews – Dipastikan besok, Rabu (20/1) Bupati dan Wakil Bupati Aru, dr Johan Gonga dan Muin Sogalrey bersama Sekda, Muhamad Djumpa akan menjalani swab test.

Sementara, untuk seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), Camat dan Lurah telah menjalani swab pada hari ini, Rabu (19/1) di Puskesmas Siwalima, Kecamatan PP Aru.

Bupati saat dikonfirmasi Siwalimanews melalui telepon selulernya, Rabu (19/1) membenarkan, kalau besok, ia dan wabup serta sekda akan menjalani test swab. Bahkan bupati juga akan mengupayakan untuk semua ASN di Lingkup Pemkab Aru juga akan menjalani swab test.

“Untuk seluruh ASN di Lingkup Pemkab Aru, kita juga akan upayakan agar semuanya jalani swab,” ungkap Bupati.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Siwalima Hadija Hasyim disela-sela prosesi swab para pimpinan OPD menjelaskan, proses swab yang dilakukan kepada para pejabat termasuk bupati dan wabup serta sekda, ini dilakukan, karena mereka masuk dalam daftar yang akan divaksin.

Baca Juga: 103 Warga Aru Terkonfirmasi Positif Covid

“Seseorang yang nantinya akan disuntik vaksin memang diwajibkan jalani swab test, karena ini juga merupakan syarat untuk memastikan mereka dalam kondisi sehat,” ujarnya.

Menurutnya, sebelum menjalani swab, mereka ini terlebih dahulu menjalani proses screening dan sesi wawancara, dimana  ada beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kesehatan mereka.

“Jadi dari pertanyaan-pertanyaan tersebut pasti kita ketahui kondisi kesehatan mereka, apakah ada keluhan seperti, demam atau ada memiliki riwayat penyakit lainnya, karena pada prinsipnya seseorang yang akan disuntik vaksin harus dalam kondisi sehat,” jelasnya. (S-25)