AMBON, Siwalimanews – KSAD Jenderal Dudung Abdurachman menginstruksikan kepada jajarannya untuk membantu masyarakat yang mengalami masalah di wilayah masing-masing lewat program babinsa masuk dapur.

Hal ini disampaikan kasad ketika video conference yang diikuti oleh Pangdam XVI Pattimura Mayjen Ruruh A. Setyawibawa didampingi beberapa Asisten Kasdam XVI Pattimura, bertempat di Ruang Puskodalopsdam XVI Pattimura, Senin (7/11).

Dalam vicon ini dibahas yaitu program baru babinsa masuk dapur. Kasad menginstruksikan kepada seluruh Babinsa TNI AD untuk masuk ke dapur-dapur rumah warga di setiap wilayah tugasnya.

“Jadi ini program baru dilakukan untuk memastikan agar masyarakat tidak ada yang kelaparan akibat kekurangan bahan makanan,” kata Kapendam Pattimura Kolonel ARH Adi Prayogo Choirul Fajar kepada Siwalima, kemarin.

Menurutnya, bukan hanya itu saja tapi Babinsa juga harus mengetahui jangan sampai ada warga yang hari ini tidak makan, begitu juga dengan kondisi rumahnya.

Baca Juga: Maspaitella Berharap Pemulangan Pengungsi Kariu Jadi Komitmen Bersama

Dalam arahannya juga Kasad mengucapkan terima kasih kepada para Babinsa sebagai ujung tombak TNI-AD banyak membantu masyarakat salah satunya dengan dicanangkannya program ini.

“TNI AD harus tahu tentang kesulitan rakyat, seperti yang saya sampaikan dalam perintah harian Kasad ke-5 yaitu TNI-AD harus hadir ditengah-tengah kesulitan masyarakat dan senantiasa menjadi solusi,” ujarnya.

Menurut Kasad jika rakyat sengsara maka TNI pun sengsara, begitupun sebaliknya.

Tidak hanya itu, Jenderal Dudung juga menegaskan, apabila prajurit TNI AD yang menjalankan program babinsa masuk dapur warga, menemukan kasus atau persoalan yang dialami oleh masyarakat di masing-masing wilayah dan membutuhkan bantuan, mereka bisa langsung melaporkan kepada pimpinan atas, atau kepada dirinya langsung agar segera diberikan bantuan.

Kasad juga menjelaskan, banyak program-program TNI-AD yang dilaksanakan bukan hanya membantu masyarakat tapi juga kesejahteraan Prajurit. Seperti umroh gratis bagi para pejuang atau veteran yang sudah                banyak mengabdi kepada NKRI. Selain itu bantuan renovasi             rumah kepada masyarakat,” ujarnya.

Orang nomor satu ditubuh TNI AD itu juga berkesempatan berbincang langsung dengan sebagian pemilik rumah tidak layak huni yang merupakan warga binaan dari Kodim 1502/Masohi. (S-09)