TIAKUR, Siwalimanews – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Maluku Barat Daya menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif yang dipusatkan di Desa Tounwawan dan Desa Moain, Kecamatan Moa, Selasa (3/10).

Ketua Bawaslu MBD Marthinus Kerlely menjelaskan, pihaknya melaksanakan sosialisasi ini dalam rangka meningkatkan partisipatif masyarakat dalam proses pengawasan pemilu 2024 nanti.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan motivasi, dan meminta dukungan serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama ada dalam proses pengawasan berkaitan dengan tahapan-tahapan pemilu sampai pada hari pelaksanaan pencoblosan nanti,” ujar Marthinus kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, usai sosialisasi tersebut.

Menurutnya, para pemuda dan pemudi bersama kepala desa di kedua desa tersebut, menyambut baik kegiatan ini, sekaligus memberikan dukungan dan apresiasi.

Selain kegiatan itu, beberapa hari kedepan pihaknya juga bakal melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan netralitas ASN, TNI dan Polri serta perangkat desa, kegiatan ini yang berkaitan dengan ketertiban alat peraga sosialisasi dan kemudian alat peraga kampanye nantinya.

Baca Juga: DPRD Terima Ranperda APBD Perubahan 2023

“Setelah itu, kita juga akan melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan peningkatakan kapasitas jajaran Bawaslu ditingkatan bawa, baik itu Panwascam dan PKD, dimana kita akan memberikan referensi berkaitan dengan proses-proses pengawasan pemilu, yang nanti dilaksanakan pada tahun 2024,” jelas Marthinus. (S-28)