AMBON, Siwalimanews – Hujan deras yang mengguyur Kota Ambon pada, Selasa (3/10) subuh, mengakibatkan terjadinya bencana longsor di sejumlah kawasan di Kota Ambon.

Pelaksana tugas Kepala BPBD Kota Ambon Fahmy Salatalohy mengaku, selain terjadi bencana tanah longsor, juga bencana kebakaran di pemukiman warga.

Untuk bencana longsor, terjadi di Kecamatan Sirimau, tepatnya di Kelurahan Batu Meja, mengakibatkan satu unit rumah yang didalamnya terdapat 5 jiwa mengungsi, begitupun di Kelurahan Hative Kecil mengakibatkan satu KK dengan tujuh jiwa mengungsi.

Longsor juga terjadi di Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Nusaniwe yang mengakibatkan dua yang didalamnya terdapat tujuh jiwa mengungsi. Sementara kebakaran terjadi di Kelurahan Wainitu, Kecamatan Nusaniwe yang menghanguskan satu unit rumah yang didiami satu KK dan empat jiwa,.

Berdasarkan kronologi, benacana tanah longsor terjadi sekitar pukul 02.00 dini hari pasca curah hujan dengan intensitas sedang yang mengguyur sebagian besar wilayah Kota Ambon.

Baca Juga: Birokrasi Dipenuhi Plt, Pemprov Langgar Aturan

“Akibat dari kejadian itu, akses jalan raya dan rumah warga terancam longsor di kawasan Kelurahan Mangga Dua, longsoran ini juga mengakibatkan material longsoran menutupi sebagian jalan raya. Beruntung tidak ada korban jiwa, namun semua korban kini mengungsi di rumah kerabat mereka,”ujarnya.

Terkait dengan upaya yang dilakukan BPBD kata Salatalohy, pihaknya telah  menyalurkan bantuan logistik bersifat darurat serta memberikan bantuan berupa 1 lembar terpal ukuran 4×6, 25 lembar karung yang diberikan kepada keluarga Fredy Pentury di RT002/001 Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Nusaniwe.

Bantuan terpal juga diberikan kepada keluarga Jondry Talane di RT002/001 Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Nusaniwe, serta kepada Keluarga Melda Leleury di RT002/005 di Kelurahan Batu Meja, Kecamatan Sirimau dan Keluarga La Ode Nasrudin RT001/006 Kelurahan Hative Kecil, Kecamatan Sirimau.

Selain itu pihaknya juga memberikan bantuan berupa kasur, tikar gulung, bantal kepala, pakaian wanita dalam wanita dan pria, handuk, pakaian seragam SD untuk anak pria, Selimut, pasta gigi, sikat gigi, sabun mandi. Ini diberikan kepada keluarga Thufail A Biarno di RT001/013 Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau.

“Saat ini lokasi longsoran di jalan raya sudah dibersihkan oleh warga setempat, dan warga juga sudah menutupi bekas longsoran dengan menggunakan terpal yang diberikan BPBD sebagai tindakan darurat pencegahan longsor susulan,” jelas Fahmy.(S-25)