AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka mewujudkan keamanan dan kenyamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru, maka PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Internasional Pattimura Ambon membuka posko monitoring angkutan udara.

General Manager Bandara Internasional Pattimura Ambon Shively Sanssouci sambutannya saat apel pembukaan posko yang berlangsung di Bandara Pattimura, Kecamatan Teluk Ambon, Senin (18/12) mengatakan, posko monitoring ini aktif mulai tanggal 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

“Posko ini dibentuk mengacu pada instruksi Dirjen Perhubungan Udara Nomor IR 4 tahun 2023 tentang Pelaksanaan Transportasi Udara Selama Masa Hari Raya Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024,” ucap Shively.

Dalam menghadapi libur Nataldan Tahun Baru 2024 kata Shively, Bandara Pattimura Ambon memproyeksikan kenaikan 13 persen penumpang, 6 persen pergerakan pesawat dan 3 persen untuk kargo.

Untuk menyediakan layanan terbaik, pihaknya telah menyiapkan rencana kontingensi, memastikan bahwa, baik penumpang maupun non-penumpang merasakan keamanan, kenyamanan, dan pelayanan yang prima.

Baca Juga: Barang Bukti dari 110 Perkara Dimusnahkan

“Adapun rata-rata 26 penerbangan per hari, Bandara Pattimura memprediksi adanya kenaikan dalam jumlah penerbangan, dan telah dikonfirmasi adanya extra flight dari maskapai Batik Air dengan rute CGK-AMQ,” ujar Shively.

Menurutnya, pelayanan kepada lebih dari 22.600 penumpang selama Januari-November 2023 menandai prestasi yang menggembirakan, dan untuk mendukung keamanan dan kenyamanan perjalanan, diluncurkan pula layanan airport taxi pada 7 November 2023, dengan 115 armada taksi konvensional dan 9 armada taksi online (Grab) siap melayani penumpang.

Dengan semangat dan komitmen untuk mewujudkan dan mempertahankan safety security services and compliance (3S +1 C) pada masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, maka pihaknya dan sejumlah stakeholder tetap bersinergi dan berkolaborasi melakukan posko monitoring dengan memperhatikan arahan dan himbauan dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian terkait.

“Prinsipnya kami siap memberikan pengalaman perjalanan yang aman dan tak terlupakan bagi semua pengguna jasa,” ucap Shvely.

Untuk diketahui apel tersebut turut dihadiri oleh para pemangku kepentingan antara lain, GM Perum LPPNPI Cabang Ambon, Kadis Perhubungan Maluku, Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan Kota Ambon, Kapolsek Bandara Pattimura, Danlanud Pattimura, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Ambon, Kepala Stasiun Meteorologi Pattimura, perwakilan maskapai dan ground handling, serta jajaran tamu undangan dan pejabat PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Pattimura Ambon.(S-25)