AMBON, Siwalimanews – Pimpinan organisasi perangkat daerah di Lingkup Pemerintah Kota Ambon akan diberi sanksi tertulis lantaran bandel alias malas mengikuti apel atau upacara.

“Ini kan upacara bela negara, oleh karena itu sebagai pimpinan OPD harus menunjukan sikap sebagai seorang leader. Tetapi saya lihat dalam upacara hanya ada 16 pimpinan OPD yang hadir dari puluhan OPD yang ada di Pemkot Ambon, “ungkap Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmase saat memimpin upacara peringatan Hari Bela Negara ke-75 yang berlangsung di pelataran parkir Balai Kota, Selasa (19/12)

Sekot menegaskan, bagi pimpinan OPD yang tidak hadir dalam upacara tersebut, akan diberi sanksi tertulis, sebab jika diperhatikan, ada beberapa pimpinan OPD yang selalu malas mengikuti apel.

“Oleh karena itu saya memberikan perintah kepada Asisten III maupun BKD untuk memberikan teguran tertulis kepada pimpinan OPD yang tidak mengikuti apel,” tegas sekot.

Menurut sekot, sebagai pimpinan mestinya menunjukan sikap yang harus dicontohi dan diteladani oleh bawahannya, bukan memberikan contoh yang malas seperti ini.

Baca Juga: Bandara Pattimura Buka Posko Monitoring Nataru

“Kita ini kan pimpinan, harus menjadi contoh dan teladan, bagaimana anak buah mau disiplin kalau pimpinan saja tidak. Sebagai sekot saya punya tanggungjawab moril untuk menyampaikan ini,” tandas sekot.

Sekot mengaku, kemajuan suatu daerah salah satunya ialah ASN pemerintahan yang disiplin dan bertanggungjawab. Namun selama ini yang dilihatnya, ada beberapa pimpinan OPD yang malas mengikuti apel-apel setiap kali digelar.

“Kita harus maju, maju darimana? Dari aparaturnya. Saya melihat ada oknum-oknum pimpinan OPD yang saya perhatikan, setiap kali apel tidak ada. Kalau hanya teguran lisan saja itu tidak akan ada dampak yah, harus ada teguran tertulis,” ucap sekot.

Kendati demikian, ketika disinggung sanksi teguran seperti apa yang akan diberikan kepada pimpinan OPD yang malas mengikuti apel, sekot enggan membeberkannya. Namun ia memastikan, sanksi tertulis akan diberikan kepada pimpinan OPD yang malas mengikuti apel pagi.

“Itu nanti saja yah, yang pasti kami akan berikan sanksi tertulis kepada pimpinan OPD yang tidak mengikuti apel hari ini maupun yang saya sudah lihat malas ikuti apel selama ini,” janji sekot. (Mg-03)