NAMROLE, Siwalimanews – Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Buru Selatan memastikan, sebanyak 650 alat pelindung diri (APD) jenis hazmat, akan tiba di pada Senin (18/5).

Nantinya ratusan APD ini akan dibagikan ke semua Puskesmas di Bursel dan RSUD Leksula.

“Kami sudah koordinasikan ke gugus tugas provinsi lewat Dinas Kesehatan dan hari Senin besok kita dikirm APD sebanyak 650 buah dan kita bagikan ke daerah-daerah atau tempat-tempat pelayanan masyarakat seperti Puskesmas atau nanti juga digunakan oleh tim tracking,” ungkap juru bicara gugus tugas Kabupaten Bursel, Ibrahim Banda, kepada wartawan di Posko Gugus, Jumat (15/5).

Menurutnya, pemesanan 650 baju hazmad ini untuk menjawab keluhan para perawat yang melakukan tugas di puskesmas, begitu juga dengan tim yang melakukan tracking.

“APD yang kita punya sekarang tidak untuk dicuci ulang karena kalau selesai dipakai langsung dibuang atau dimusnahkan sehingga kita pasti kekurangan. Untuk mengantisipasi itu, Senin ini 650 APD itu sudah tiba di Bursel,” ujarnya.

Baca Juga: Sekda: PCR Saya dan Anak-anak Negatif

Kepala Dinas Kesehatan Bursel ini menjelaskan, untuk beberapa Puskesmas, sudah diberikan APD sebelumnya, namun itu juga sudah digunakan dan tidak bisa dipakai untuk kedua kalinya.

“Kami sudah berikan sebelumnya dan digunakan sehingga saya anjurkan tidak bisa digunakan lagi kedua kali karena kita kuatirkan kita nantinya beralih sebagai penular, bukan lagi sebagai pencegah,” ucap Banda.

Sedangkan perlengkapan lainnya, seperti handskun, masker kemudian helm, kaca mata, sepatu dan lain-lain itu masih tersedia. Jika APD tersebut sudah tiba di Namrole, maka pihaknya akan segera mendistribusikan ke setiap puskesmas yang membutuhkan.

“Iya, kita langsung distribusikan karena itu setiap saat dipakai terutama di daerah-daerah yang kita curigai banyaknya pelaku perjalanan dan kita sekarang ini lebih serius ke Leksula, Kepala Madan dan Fena Fafan yang selama ini dianggap tidak ada apa-apa. Jadi kita punya target itu sesuai protokol kesehatan,” tutupnya. (S-35)