NAMLEA, Siwalimanews – Babinsa Air Buaya Sertu Adiman Umanailo membantu pihak deda melakukan pemutahiran informasi data masyarakat (IDM)  berbasis sustainable development goals (SDGs), Selasa (27/4).

Kepada wartawan Babinsa Airbuaya Sertu Adiman Umanailo menjelaskan, pendataan Desa Fogi, Kecamatan Kepala Madan, Kabupaten Buru Selatan tahun ini, merujuk program pendataan dari Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi untuk pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas pengguna­an dana desa tahun 2021.

“Kegiatan pemutakhiran data SDGs desa dimaksudkan, selain sebagai sumber data dan informasi dasar dalam menentukan kebijakan pembangunan desa, juga untuk melihat kondisi perkembangan kemandirian desa dan ketepatan intervensi kebijakan pemerintah terkait, pembangunan desa yang dilakukan pemerintah yang melibatkan peran aktif masyarakat desa, katanya.

Selain itu menurutnya, sebelum tim pokja terjun ke lapangan, pihanya bersama-sama pendata mengisikan data BNBA ke dalam kuisioner keluarga dan warga masing-masing.

“Ini adalah pengisian data yang tidak membutuhkan wawancara dengan keluarga dan warga tersebut, karena datanya telah ada di lembaga yang bersangkutan, kemudian melatih pendata, dan memastikan pendata siap untuk mengumpulkan data lapangan,” ucapnya.

Baca Juga: Pemkot Bakal Berikan Sanksi Bagi ASN Yang Mudik

Upaya pencapaian SDGs desa katanya, dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19 tidaklah mudah, karena itulah, penggunaan DD 2021 diprioritaskan untuk membia­yai kegiatan yang mendukung pencapaian 10 SDGs desa yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional, dan adaptasi kebiasaan baru desa.

Adapun 10 SDGs dimaksud dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19 adalah, desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, desa sehat sejahtera, keterlibatan perempuan desa, desa berenergi bersih dan terbarukan, pertumbuhan ekonomi desa merata, konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan, desa damai berkeadilan, kemitraan untuk pembangunan desa dan kelembagaan desa dinamis serta budaya desa adaptif.  (S-31)