BURU, Siwalimanews – Aziz Hentihu, anggota DPRD Maluku gagal kembali ke Baileo Rakyat Karang Panjang Ambon.

Kendati Ketua DPW PPP Maluku ini mendapatkan suara terbanyak perolehan dari semua caleg provinsi dapil Maluku II khusus di Kabupatan Buru namun gagal lolos DPRD Provinsi Maluku pada pemilu 2024.

Bakal Calon Bupati Buru ini menjadi juara dengan perolehan suara tertinggi dari semua caleg partai politik provinsi di Kabupaten Buru dengan meraih suara 8.017 suara namun kalah tipis akumulasi suara gabungan Kabupaten Buru Selatan dengan kaders internal PPP Dali Syarifudin, perolehan suara Dali di Kabupaten Buru hanya mendapat 7.180 suara di bawah suara Aziz.

Namun, di Kabupaten Buru Selatan Dali meraih 1.263 suara sehingga menang akumulasi dan meloloskannya ke DPRD Provinsi Maluku.

Data sementara hasil perolehan suara di Kabupaten Buru 5 besar peraih suara tertinggi dari semua caleg parpol minus Kabupaten Buru Selatan berturut – turut adalah Aziz Hentihu PPP 7.843 suara, Ikram umasugi PKB 7.304 suara, Dali Syarifudin PPP 7.176 suara, Solihin Buton PKS 4.222 suara, dan Gadis Umasugi Golkar 4.093 suara.

Baca Juga: Personel Lantamal IX Bantu Cari Korban Laka Laut di Perairan Maluku

DPW PPP Maluku pimpinan Aziz Hentihu sendiri sebelumnya di prediksi akan meloloskan dua anggota DPRD Maluku dari Dapil Maluku II Buru – Bursel pada pemilu 2024 akan tetapi sampai dengan saat ini terkonfirmasi hanya loloskan satu anggota DPRD Maluku. PPP saat ini bersaing dengan PDIP untuk menjadi pemenang pemilu DPRD Provinsi Dapil Maluku 2 Buru dan Buru Selatan dengan perolehan suara 20.196 suara.

Aziz Hentihu saat dihubungi Siwalimanews membenarkan hasil perolehan suara tersebut.

“Sebagai ketua DPW PPP Maluku, saya bersujud syukur kepada Allah Swt, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, organ partai dan tim yang telah bekerja penuh keikhlasan, tanpa kenal lelah mendukung dan mempercayakan PPP se-Maluku khususnya di Kabupaten Buru dalam pencapaian PPP pada Pileg 2024 ini,” ujarnya, melalui telepon seluler, Minggu (17/3).

Azis juga senang di DPRD Kabupaten Buru sesuai amanat politik dirinya ketika membuka Muscab PPP Buru di Namlea pada tahun 2021 bahwa dari 3 kursi DPRD Buru saat ini, targetnya adalah meloloskan 5 kursi DPRD Buru dan menjadi pemenang dengan merebut Kursi Ketua DPRD dan itu terbukti. Khusus untuk Capaian di DPRD Provinsi Dapil Maluku 2 Buru-Buru Selatan juga melampaui suara dari pemilu 2019 lalu yang 16. 664 suara menjadi 20.203 suara.

“Terkait dengan kursi DPRD Maluku yang saya tempati saat ini, tentu sebagai pemimpin di PPP Maluku yang berasal dari Buru, saya lebih mengutamakan legacy politik yang baik untuk PPP, dan menjaga tradisi politik PPP untuk tetap loloskan anggota DPRD Maluku, bila saya lolospun regulasi mengharuskan harus mundur bagi Caleg yang terpilih yang akan bertarung di pilkada Buru. Jadi siapapun yang terpilih, yang paling utama adalah PPP terpilih,” tandasnya.

Azis mengaku, dirinya memimpin dan membangun PPP di Buru sebagai Ketua DPC Buru sejak tahun 2005 atau Pasca Pemilu 2004 hingga tahun 2020, kemudian menjadi Ketua Wilayah PPP Maluku hingga saat ini. Memulai Memimpin DPC PPP Buru di tahun 2005 pada saat PPP di Buru masih nol kursi, di Provinsi juga saat itu nol kursi dari dapil Buru – Bursel.

“Tentu dengan capaian saat ini saya senang, bangga terutama karena empat kali pemilu terakhir ini hasil suara dan kursi kita terus menanjak hingga menjadi pemenang pemilu 2024 di Kabupaten Buru dan meloloskan anggota DPRD Maluku asal Buru. Paling utama adalah kami dapat menyiapkan proses dan sirkulasi regenerasi kaders dengan baik di PPP Kabupaten Buru misalnya Dali Fahrul Syarifudin yang lolos DPRD Maluku menggantikan saya, kemudian ada 5 anggota DPRD terpilih saat ini yaitu Bambang Langlangbuana, Hartini Wamnebo, Muid Wael, Barokah, Hamid Banda,” ujarnnya.

Mereka, kata Azis, adalah kaders terbaik yang menciptakan sejarah baru sebagai pemenang pemilu 2024 dan merebut Ketua DPRD Kabupaten Buru  2024 – 2029.

“Insha Allah, setelah dilantik pada bulan September 2023 nanti, saya yakin mereka semua akan siap mengabdi dan mampu menjalankan amanah publik dengan baik, selanjutnya setelah menang pileg 2024 ini kita akan evaluasi hasil pileg 2024 dan segera berbenah untuk target memenangkan Pilkada Buru 2024 pada bulan November nanti,” katanya.(S-25)