NAMLEA, Siwalimanews – Dari 25 anggota DPRD Kabupaten Buru, hanya delapan orang yang akan kembali duduk di DPRD Buru.

Mengejutkan, Partai Golkar yang sudah lebih dari 20 tahun selalu menjadi langganan pemenang pemilu legislatif DPRD Buru, kini harus menelan pil pahit karena hanya mampu mempertahankan tiga kursi dari delapan kursi yang diperoleh di tahun 2019 lalu.

Sementara PPP yang di pileg dua periode lalu berada di pemenang kedua dengan perolehan tiga kursi, kini mampu mencapai target lima kursi yang telah dicanangkan Ketua DPW PPP Maluku, Aziz Hentihu sejak tiga tahun lalu.

Keluar sebagai peroleh kursi tertinggi, maka PPP sudah dipastikan akan menempatkan wakilnya sebagai Ketua DPRD Buru.

Sedangkan posisi wakil ketua akan dipegang Partai Nasdem dan Partai Golkar.

Baca Juga: Pemkab MBD Serahkan LKPD ke BPK

Semua itu terjawab setelah KPU Buru menetapkan hasil rekapitulasi perolehan suara calon anggota DPRD periode 2024-2029, Minggu (17/3) dini hari tadi.

Terdapat 10 partai yang memiliki perolehan kursi di DPRD Buru, diantaranya PPP 5 kursi, NasDem 4 kursi, Golkar 3, PKS 3, PKB 3, PDI-P 2, Demokrat 2, Gerindra 1, PAN 1 dan Perindo 1 kursi.

Banyak petahana tumbang  pada Pileg 14 Februari 2024 lalu, dan didominasi wajah baru.

Delapan Petahana yang masih bertahan, yakni Bambang Langlang Buana (PPP) , Jaidun Saanun (Golkar), M Rum Soplestuny (Golkar), Endang Setya Nigsih (PKB), Djalil Mukaddar (PKB), Erwin Tanaya (Demokrat), M Rustam Fadly Tukuboya (Gerindra), dan Irfan Papalia (PKS).

Menariknya, artis Bella Sofie Ringan yang baru pertama bertarung di Dapil II mewakili Partai Nasdem juga lolos. Incumbent Robi Nurlatu kalah selisih suara dari Bella.

Sedangkan dua mantan incambent yang di periode lalu gagal, kini kembali duduki kursi DPRD Buru, yakni Amrullah Madani Hentihu (Partai Golkar) dan Sunardi Idris (Partai Nasdem).

Dari tiga mantan pejabat yang ikut meramaikan pile, yakni Mantan Kadis LH Kabupaten Buru, M Adjie Hentihu (Nasdem), Mantan Kadisperindag Buru, AM Padang (Nasdem), Mantan Kadis Sosial Buru Selatan, Hamid Banda (PPP), hanya satu yang lolos.

Berikut 25 nama anggota DPRD Buru perolehan suara terbanyak masa bhakti 2024-2029 yang ditetapkan oleh KPU Buru, yakni PPP masing-masing, Hartini Wamnebo, Bambang Langlang Buana, Muid Wael, Barokah dan Hamid Banda. Mochtar Ternate, Irna Buton, Bella Sophie Rigan, dan Sunardi Idris (NasDem).

Kemudian Jaidun Saanun, M. Rum Soplestuny, dan  Amrullah Madani Hentihu (Golkar), Isra Duila, Sainal Moh Ali, dan Irfan Papalia (PKS). Mo Awan Sukur, Endang Setyaningsih dan Djalil Mukadar (PKB).

Selanjutnya,  Andriono Latbual dan Net Leslessy (PDI-P),  Erwin Tanaya dan Mihel Batuwael (Demokrat), Rustam Fadli Tukuboya (Gerindra), Ibrahim Latun (PAN), serta Yohanes Nurlatu (Perindo).(S-15)