AMBON, Siwalimanews – Atlet Taekwondo PPLP Maluku Riska Nusamara kembali mengharumkan nama daerah ini di kancah nasional dan internasional.

Satu-satunya atlet PPLP yang diturunkan dalam kejuaraan bertajuk Indonesia International Taekwondo Speed Kicking and Poomsae 2020 yang berlangsung secara virtual 19-20 Desember kemarin Nusamara yang turun di kelas cadet putri 14 tahun berhasil meraih medali perak.

Sebelumnya juga Nusamara bersama 3 atlet PPLP lainnya juga mengharumkan nama Maluku pada kejuaraan dunia bertajuk Indonesia Chookmokwan Poomsae juga digelar secara virtual pada awal Desember 2020.

Pada kejuaraan dunia yang diikuti oleh 20 negara dari Asia, eropa dan USA, serta Amarika Latin ini, 4 atlet PPLP Maluku yang diturunkan berhasil merebut 1 medali perak dan 3 medali perunggu.

Medali perak diraih oleh Dorce Manuputti sementara tiga medali perunggu diraih oleh, Riska Nusamara, Rio Depale dan Patrik E Kawarnidi.

Sedangkan pada ajang Kejuaraan Nasional bertajuk Krakatau Poomsae Championship 28-29 November dua atlet PPLP Maluku diturunkan pada kejuaraan ini juga berhasil merebut 1 medali emas dan 1 medali perak. Medali emas diraih oleh Rio Depale sementara medali perak diraih oleh Patrik E Kawarnidi.

Kadis Pemuda dan Olahraga Sandi Wattimena yang ditemui wartawan di Kantor Gubenur Maluku, Selasa (29/12) mengaku, bangga dengan prestasi yang diraih oleh 4 atlet PPLP Maluku yang telah mengharumkan nama daerah ini bahkan Indoensia di dunia internasional.

“Jadi ini prestasi yang bisa kita banggakan dari atlet Maluku, dan ini kado bagi masyarakat Maluku diakhir tahun 2020,” tandas Wattimena.

Dengan prestasi yang diraih oleh atlet muda Maluku ini, baik di tingkat nasional maupun internasional kata Wattimena, maka ini harus dijadikan sebagai motivasi bagi cabang olahraga lain yang ada di PPLP.

”Prestasi yang diraih oleh atlet Taekwondo PPLP ini, saya berharap dapat diikuti oleh cabang olahraga lain, sebab ditengah pandemi, tapi mereka tetap berprestasi,” tandas Wattimena.(S-39)