AMBON, Siwalimanews – Sejumlah hotel dan restoran di Kota Ambon menerima dan hibah pariwisata dari Kementerian Parawisata dan Ekonomi Kreatif.

“Sebanyak 19 hotel dan 8 restoran di Kota Ambon menerima dana hibah pariwisata tahun 2020 dari Kemenparekraf. Dana itu untuk bantu sektor usaha pariwisata yang juga terdampak pandemi Covid-19,” ujar Walikota Ambon Richard Louhenapessy kepada wartawan di Ambon, Selasa (29/12).

Menurutnya, Kota Ambon merupakan salah satu dari 101 kabupaten/kota yang mendapat dana ini. Hal tersebut dikarenakan Ambon merupakan salah satu destinasi wisata yang dikenal dengan sebutan City of Music.

Untuk itu, kebijakan pemerintah pusat melalui Kemenparekraf dana hibah ini diperuntukkan bagi daerah yang memiliki destinasi wisata.

“Ini menjadi tantangan terbesar kita dalam pengembangan sektor pariwisata kedepan. program dana hibah ini untuk membantu daerah dan membantu sektor pariwisata khususnya hotel dan restoran,” tandasnya.

Baca Juga: 63 Ribu UMKM Manfaatkan Diskon Tambah Daya Listrik

Dikatakan, dana hibah yang diterima secara simbolis tersebut akan diberikan langsung melalui nomor rekening masing-masing penerima, dimana 70 persennya dalam bentuk bantuan langsung tunai dan 30 persen dipakai pemda dengan rincian, 25 persen untuk penanganan dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi terutama sektor pariwisata dan 5 persen dana operasional.

“Kriteria penerima yaitu hotel dan restoran wajib pajak yang taat bayar pajak pada tahun 2019, kemudian masih berdiri dan beroperasi per Agustus 2020 serta memiliki perijinan usaha yang masih berlaku. Itu sesuai data, maka jangan komplain kita. Apresiasi bagi penyumbang pajak terbesar Swissbell-hotel Rp 200 juta lebih dan Solaria Rp 180 juta lebih,” rincinya.

Dana hibah tersebut, dipercaya sangat membantu mengingat dampak pandemi sangat besar pada sektor parawisata, sebab banyak wisatawan yang enggan melakukan perjalanan wisata dikarenakan harus menjalankan sejumlah prosedur kesehatan.

Kebijakan sektor pariwisata pemkot juga lakukan dengan injeksi-injeksi livisitas dan bantuan plus money kepada pelaku usaha di Kota Ambon.

“Dalam upaya untuk terus menyelematkan sektor ini, kita berdoa agar Menteri Pariwisata yang baru Sandiaga Uno dapat betul memberi support. Saya optimis karena beliau ini warga kehormatan Kota Ambon,” tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon Rico Hayat menambahkan, penyerahan dana hibah ini dirangkai dengan bimbingan teknis program clean liness healthy safety and enviromental sustainability (CHSE) untuk industri pariwisata hotel dan restoran penerima dana hibah pariwisata.

“Tujuan kegiatan ini untuk memberi pemahaman tentang penerapan protokol kesehatan yang baik berbasis CHSE bagi hotel dan restoran serta memberi pemahaman dalam penggunaan dan pengelolaan dana hibah,” jelas Hayat. (Cr-6)