NAMLEA, Siwalimanews – Dipastikan besok, Rabu (30/12) Muh Ilyas Bin Hamid yang saat ini menjabat sebagai Peksana tugas sekda akan dilantik sebagai Sekda Buru definitif oleh Bupati Ramly Umasugi.

Kepastian Ilyas bakal menjadi sekda definitif itu disampaikan Kabag Humas Pemkab Buru, Umar Karepesina dalam grup WhatssApp media pers. Bahkan undangan pelantikan juga telah disebar ke Forkopimda termasuk kepada Ketua PWI dan Ketua PWRI Buru untuk menghadiri acara pelantikan pada pukul 09.00 WIT di aula Kantor Bupati.

Kepastian pelantikan itu juga ditandai dengan gladi resik yang dilakukan pada, Selasa (29/12) siang langsung dengan Ilyas Hamid yang dipimpin oleh Kepala BKD Effendy Rada dan disaksikan oleh Kepala Inspektorat Sugeng Widodo serta Kabag Humas.

Pelantikan Ilyas sebagai sekda, maka memupus polemik yang belakangan ini beredar bahwa Azis Latuconsina yang kini menjabat sebagai Kadispenda yang akan dilantik menjadi sekda.

Polemik ini berawal dari beredarnya surat tertanggal 2 Desember 2020 yang ditandatangani Gubernur Maluku . Surat itu diposting di media sosial facebook yang intinya kalau gubernur menunjuk Azis Latuconsina sebagai Sekda Buru.

Baca Juga: 177 Mahasiswi Iqra Buru Diwisuda Daring

Masyarakat di daerah penghasil minyak kayu putih itu dibuat terkejut,  karena dari awal dipastikan Ilyas Hamid yang bakal menjadi sekda f karena telah duluan dipasang sebagai pelaksana tugas.

Selain itu,  saat seleksi calon sekda, Ilyas Hamid juga mendapat nilai yang bagus.  Bahkan Bupati melalui surat tertanggal 6 November 2020 juga mengusulkan Ilyas Hamid sebagai sekda dan bukan Azis Latuconsina. (S-31)