AMBON, Siwalimanews – Bangunan Akademik FKIP Universitas Pattimura Ambon ludes terbakar, Selasa (11/4) dini hari.

Kebakaran diduga diaki­bat­­kan hubungan arus pen­dek listrik pada blower AC.

Kasi Humas Polresta Ambon, Ipda Jane Luhukay menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi Abdul (27), kebakaran terjadi saat dirinya sementara tidur di sekretariat Padis Unpatti yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi kebakaran.

Tiba tiba saksi dikagetkan dengan bunyi letusan yang berasal dari arah ruangan akademik FKIP Unpatti.

“Seteleh mendengar bunyi letusan saksi  yang penasa­ran kemudian bergegas me­nuju lokasi asal bunyi ter­sebut, dan melihat kobaran api dari dalam ruangan aka­demik Unpatti,” jelas Lu­hukay.

Baca Juga: Maspaitella: Samasuru Masuk SBB atau Malteng

Mendapat hal itu, saksi kemudian berteriak meminta pertolongan. Selang 5 menit security yang berjaga di fakultas kedokteran tiba di lokasi kebakaran dan langsung menendang pintu ruangan yang sementara tertutup, setelah pintu ruangan di buka saksi melihat kondisi api yang sudah membesar.

Saksi kemudian menuju ke jalan raya dan meminta pertolongan di warga sekitar untuk menghubungi petugas kebakaran.

Sekitar pukul 04.05 Wit 4 unit mobil Damkar Kota Ambon tiba di TKP dan langsung berupaya memadamkan api yang sementara masih berkobar. Sekitar pukul 04.50 WIT api berhasil dipa­damkan, kemudian pihak Damkar mengecek asal percikan api dan memastikan bahwa api sudah padam, selan­jutnya pemadam melakukan pen­dinginan di area TKP sebelum akhirnya mening­galkan TKP.

“Dugaan sementara penyebab kebakaran dari AC Blower dari dalam ruangan, untuk korban jiwa tidak ada, kerugian hanya kerugian materil berupa 1 bangunan yang hangus terbakar,”ungkapnya.(S-10)