AMBON, Siwalimanews – Akibat angin kencang, dua pesawat dari Makassar tujuan Bandara Internasional Pattimura harus dialihkan.

Dua pesawat yang dialihkan penerbangannya yakni Lion Air dengan nomor penerbangan JT880 dari Makassar pukul 08.50 WIT dan Lion Air dengan nomor penerbangan JT786 pukul 11.30 WIT. Keduanya dialihkan atau return to base ke Makassar.

Sedangkan dua pesawat yang nyaris gagal mendarat yakni Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ662 dengan rute Makassar-Ambon dan satu pesawat jenis PK-CAN milik Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan Beechcraft B200GT Super King Air dari Papua

Pantauan Siwalima melalui Flightradar24, pesawat Lion Air JT786 harusnya sudah mendarat di Bandara Internasional Pattimura sekitar pukul 11.28 WIT namun karena angin kencang, pendaratan akhirnya dialihkan ke Makassar. Hal yang sama juga terjadi untuk pesawat lion air JT880 yang gagal mendarat pada pukul 08.50 WIT.

Pesawat Lion Air JT880 baru mendarat kembali di Bandara Internasional Pattimura pada pukul 15.13 WIT sedangkan Lion Air JT786 dari Makassar baru kembali mendarat di Bandara Internasional Pattimura pada pukul 15.35 WIT.

Baca Juga: Usulan Pelantikan Watubun ke Mendagri Terhambat Surat Pengadilan

Humas Bandara Internasional Pattimura Ambon, Aditya Narendra, yang dikonfirmasi Siwalima, kemarin membenarkan kejadian tersebut.

“Benar kalau pesawat Lion Air JT786 rute  Makassar-Ambon gagal mendarat di Bandara Internasional Pattimura,” jelas Narendra.

Ia mengaku ketika akan mendarat angin sangat kencang membuat pilot membatalkan pendaratan dan pesawat kemudian dialihkan ke Makassar.

“Hasil konfirmasi kita ke Airnav kecepatan angin 20-22 Knot dan demi keselamatan penerbangan dialihkan untuk kembali ke Makassar,” ungkapnya.

Dirinya juga menerangkan sebenarnya ada dua pesawat yang ketika hendak mendarat cuaca tidak bersahabat yakni Lion Air JT786 dan Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ662 dengan rute yang sama dari Makassar ke Ambon.

Hanya Lion Air JT786 yang dialihkan sedangkan Sriwijaya Air SJ662 sempat berputar beberapa kali kemudian diizinkan mendarat.

“Pesawatnya sudah mendarat pukul 11.36 WIT dengan selamat di Bandara Internasional Pattimura. Penerbangan lain juga tidak terganggu, kondisi angin sudah normal,” tambahnya. (S-09)