NAMLEA, Siwalimanews – Siswa sekolah mendapat perlakuan khusus ketika makan dan minum di Rumah Makan Anisa yang terletak di Simpang Lima, Kota Namlea.

Hal ini dilakukan pasca penandatanganan kerja sama antara Pemkab Buru dengan rumah makan tersebut untuk memberikan potongan harga makanan dan minuman kepada anak sekolah.

Penandatanganan dilakukan oleh Kadis Dukcapil Elvira Kamarullah dengan Manajer RM Anisa, Suhartin Ohorella disaksikan Sekda Buru, Muh Ilyas Hamid, Selasa (24/10).

Menurutnya dengan kerja sama itu, pemda telah turun tangan langsung membantu mempromosikan usaha kecil di daerah itu.

“Jadi bagi yang ingin makan dan minum dengan potongan harga, para siswa harus menunjukan Kartu Identitas Anak,” ujarnya.

Baca Juga: Kapolresta Harap Makna Positif di Film ‘Aku Rindu’

Ditempat yang sama  Kadis Dukcapil Kabupaten Buru, Elvira Kamarulla mengatakan KIA wajib dimiliki setiap anak.

“Tidak hanya sebagai data penduduk, KIA juga memiliki banyak manfaat bagi anak, diantaranya digunakan untuk keperluan persyaratan mendaftar sekolah dan sebagai syarat mengurus perbankan bila anak ingin memiliki tabungan,” ujarnya.

Selain itu, KIA juga digunakan sebagai syarat mendaftar BPJS serta mengurus klaim asuransi. Juga bisa dijadikan alat untuk mengidentifikasi dan juga mengurus klaim kesehatan.

“Dengan ditandatangani kerja sama, wajib KIA akan mendapatkan diskon ketika bertransaksi di sini dengan diskon 10 persen atau Rp2000 setiap harinya,” ujarnya.

Diskon yang diberikan memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku. Salah satunya yaitu untuk mengklaim diskon, anak wajib hadir di tempat dan menunjukkan Kartu KIA yang masih berlaku.

Selain kerja sama dengan rumah makan, Disdukcapil juga bekerja sama dengan Pemilik Hotel Kanawa yang mengelola kolam renang sebagai tempat pemandian umum dan juga untuk anak sekolahan.

“Di lokasi pemandian umum ini, anak sekolahan pemegang identitas KIA juga mendapat potongan harga,” tandasnya.

Untuk diketahui hadir juga dalam penandatanganan kerja sama itu sejumlah pimpinan OPD. (S-15)