AMBON, Siwalimanews – Pemkot Ambon kembali memutuskan untuk melanjutkan Pembatasan Sosial Berskala Besar transisi XII, selama 14 hari ke depan.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy menjelaskan, dengan kondisi Kota Ambon yang sampai dengan saat ini masih berada pada peta zonasi orange dengan total skor 1,95, maka secara otomatis PSBB transisi tahap XII dilanjutkan.

“Iya PSBB tetap lanjut terus selama kondisi ini masih orange, nanti kita akan evaluasi lagi. Di Januari nanti, kita akan perketat lagi,” ujar walikota kepada wartawan, usai perayaan Natal Pemkot di aula LPP RRI Ambon, Senin (28/12).

Disinggung terkait dengan angka kematian yang kembali menanjak, dimana dalam sepekan terakhir dua warga kota meninggal dunia akibat terpapar covid-19, apakah akan berpengaruh pada skor dan peta zonasi, walikota mengaku, itu semua tentu akan berpengaruh.

Selain angka kematian yang bertambah, angka terkonfirmasi juga mengalami peningkatan. Hal tersebut dikarenakan n arus mudik yang terjadi dalam masa pandemik ini. Apalagi, Kota Ambon merupakan pintu masuk dan kota transit di Provinsi Maluku, sehingga hal tersebut tentu saja berpotensi pada penambahan angka terpapar.

Baca Juga: Lagi, Ambon Lanjut PSBB Transisi

Oleh sebab itu, walikota minta agar warga kota, tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dan segala aturan yang telah dikeluarkan pemerintah, agar Ambon tidak lagi kembali ke zona merah.

“Saya tetap optimis, supaya jangan sampai terlalu berat buat kita, tapi kalau masyarakat lalai, ya bisa saja karena ini sangat berat buat masyarakat,” tandasnya.

Untuk diketahui, data terakhir per tanggal (27/12), jumlah kasus terkonfirmasi di Kota Ambon telah mencapai 3.910 kasus, dengan rincian 583 pasien dalam perawatan, 49 orang meninggal dunia dan 3.278 pasien dinyatakan sembuh. (Cr-6)