SAUMLAKI, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar akan menyediakan akses internet gratis kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kominfo Kepulauan Tanimbar Fredek Batlajeri kepada Siwalima, Selasa (31/1) menyebutkan, program Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bertanggungjawab memperluas akses internet secara merata.

“Penyediaan layanan saat ini penyebaraannya akan sampai di SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi. Kemudian lembaga-lembaga sosial kemasyarakatan, gereja, masjid, bahkan lembaga pelayanan kesehatan, semua akan mendapatkan internet gratis, tinggal penyediaannya saja,” ungkap Kadis

Layanan gratis Kementerian kominfo lewat badan layanan umum lanjutnya sudah tersebar hampir di seluruh pelosok Tanimbar.

Lanjutnya penyebarluasan akses dan jaringan internet di wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) dipastikan normal tahun ini.

Baca Juga: Sekda: Laksanakan Tugas Layani Masyarakat

“Jaminan pengembangan program tersebut setelah dibangun menara (tower jaringan) di beberapa kawasan desa dengan pemancar dan gelombang,” ungkapnya.

Bahkan, Pemda Tanimbar lewat Dinas Kominfo telah menggerakan program jaringan internet sejak 2017 dan Base Transceiver Station (BTS) tahun 2009.

Ditambahkan tahun 2023, sudah mulai merjer data dari Kementerian Pendidikan, Kebu­-da­yaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Kesehatan, sudah masuk dalam aplikasi online.

“Jadi kita tunggu prosesnya dari pusat, data-data sudah dilengkapi dan sekarang sudah 263 paket. Seluruh pengusulan dilakukan melalui online 80an sudah terinpun, sisa 100 lebih akan di lengkapi datanya,” ucapnya.(S-26)