AMBON, Siwalimanews – Mengakhiri tahun pelajaran 2022-2023, SD Negeri 1 Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat mengelar Pekan Prestasi Olahraga, Seni dan Akademik atau disingkat Peporsemik tahun 2023.

Peporsemik yang digelar dibawah tema “Gelorakan Semangat Kompetitif, Menuju Panen Prestasi”. Merupakan wujud implementasi kurikulum baik akademik maupun non-akademik, dan terproses baik intra-kurikuler maupun ekstra-kurikuler

Kepala SD Negeri 1 Kairatu, Victor R.D Telussa dalam sekapur sirih pada kegiatan yang digelar selama satu minggu itu mengungkapkan, dalam abad ini persoalan kompetitif sudah menjadi sebuah trend. Kompetitif berlangsung di segala bidang, termasuk juga pendidikan. Dan sebetulnya sebuah lembaga pendidikan tidak akan berkembang, jika tidak diwarnai oleh suasana kompetitif.

Kompetitif seharusnya menjadi motivasi pribadi yang mau berubah ke arah yang lebih baik, dan tentu jika semua yang terlibat secara kelembagaan memiliki visi tersebut, maka akan terasa sebuah perubahan besar. Asal jangan dilakukan dengan cara-cara yang tidak wajar dan tidak sehat.

Lewat berbagai kagiatan yang berlangsung di lembaga ini, akan tumbuh bibit-bibit unggul, generasi emas, yang memiliki mental petanding, mampu bersaing dan optimisme kita ke depan akan ada panen prestasi.

Baca Juga: Program JMS Rambah Dunia Kampus

“Panen Prestasi dalam dimensi waktu sangatlah relatif, bahwa bisa terjadi saat masih berada di lembaga ini, atau ketika mereka sudah berada di jenjang yang lebih tinggi. bagi kami, kewajiban menyemai bibit-bibit  unggul itu yang paling penting,” ujarnya.

Tentu saja, untuk mewujudkan semua ini, tidaklah semudah yang dibayangkan, karena dibutuhkan kerja keras dan sinegitas dari berbagai elemen pendukung.

Kata dia, kegiatan Peporsemik  SD Negeri 1 Kairatu ini memberi pesan kepada semua pemangku kepentingan yang ada, teristimewa Koordinator Bidang Pendidikan Kecamatan Kairatu untuk dapat mendesain kegiatan senada sebagai media kompetisi bagi sekolah-sekolah di Kecamatan Kairatu, sehingga anak-anak dapat mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki.

“Hal yang sama juga kami sampaikan harapan ini kepada bapak Kepala Desa Kairatu, dan Bapak Ketua Majelis Jemaat GPM Kairatu untuk dapat menyisipkan program-prongam peningkatan minat dan potensi. Karena sesungguhnya mereka adalah anak negeri ini, dan anak Tuhan di Jemaat ini,” ujarnya.

Dikatakan, momentum ini merupakan wujud pertangungjawaban pihaknya selaku lembaga ini kepada stakeholder yang ada, baik Dinas Pendidikan secara berjenjang, Pemerintah Desa Kairatu, jemaat tempat sekolah ini bergumul, dan yang paling penting kepada orang tua wali murid yang telah mempercayakan anak-anak mereka dididik dan dilatih pada lembaga ini.

Disamping itu, momentum ini juga merupakan sarana bagi guru, pelatih dan pendamping ektra kurikuler menampilkan hasil karya mereka, seiring siswa-siswi sebagai objek binaan turut berekspresi, menampilkan potensi yang dimiliki.

Dan yang tidak kalah penting, lanjutnya, kegiatan ini dapat menjadi tolok ukur bagi  lembaga ini, baik dewan guru, komite sekolah, orang tua murid dan stakeholder, dalam sinergitas yang ada, dapat melaksanakan program-program yang lain secara berkelanjutan di waktu mendatang. Kegiatan tersebut dibuka oleh Koordinator Bidang Pendidikan Kecamatan Kairatu M Marud.  (S-05)