AMBON, Siwalimanews – Direktur Tata Kelola Destinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Indra Ni Tua, Senin (19/6), mengunjungi Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan.

Kunjungan ini berkaitan dengan masuknya Rutong dalam 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, Rico Hayat, kepada wartawan, di Balai Kota, Selasa (20/6) mengatakan, kunjungan Direktur mewakili Menparekraf, Saniaga Uno ini karena Rutong berhasil menembus 75 besar tersebut.

Dijelaskan, ADWI 2023 telah dibuka dari bulan Januari lalu, dan salah satu Negeri di Kota Ambon, yakni Negeri Rutong ikut serta dalam ajang tersebut.

“Dalam prosesnya, Rutong, telah berhasil masuk dalam 500 besar Desa Wisata dari 4.573 Desa wisata yang mendaftar. Dan  setelah tahap kurasi, Rutong berhasil lolos dalam 300 besar Desa wisata dan kurasi yang terakhir, masuk dalam 75 besar Desa wisata. Karena itu, Direktur bersama dewan Juri ADWI 2023 yang terdiri dari I Made Wena dan Sang Putu Subaya, mengunjungi Rutong untuk proses,”jelasnya.

Baca Juga: Walikota: Asosiasi tak Punya Kewenangan Atur Pasar

Menurutnya, kunjungan itu bisa menjadi semangat baru serta memotivasi baru bagi Pemerintah Negeri dan juga masyarakat, untuk dapat mengembangkan Rutong sebagai Desa wisata berkelas dunia, berkelanjutan, dan berdaya saing.

Ditambahkan, ada lima kategori yang menjadi penilaian juri saat kunjungan kemarin, yakni terkait dengan daya tarik pengunjung, homestay dan toilet umum, souvenir, digital dan konten kreatif serta kelembagaan dan kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan.

Untuk diketahui, dalam kunju­ngan kemarin, pihak Kementrian turut didampingi Sekertaris Kota Ambon, Agus Ririmasse, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Meikyal Pontoh, Camat Leitisel Agustinus O Pattikawa, Raja Negeri Rutong, Reza V Maispaitella dan Ketua Kelompok Sadar Wisata, Patmawati. (S-25)