AMBON, Siwalimanews – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ingatkan kader agar harus solid dan pantang mundur dalam setiap tantangan. Tak hanya itu solidaritas dan integritas serta kerja keras sangat diperlukan untuk memajukan partai.

Penegasan AHY disampaikan saat pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat tiga provinsi yakni, Provinsi Sulawesi Barat, Kalimantan Utara dan Maluku Periode 2021-2026, yang berlangsung secara virtual, Senin (1/11).

Untuk DPD Partai Demokrat Maluku, pelantikan dilakukan di Hotel Manise Ambon.

Selanjutnya, Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) ini mengatakan, sumber daya partai, baik pengurus maupun simpatisan harus diperkuat, termasuk semangat pantang menyerah terhadap setiap ujian yang datang, karena itu bagian dari komitmen untuk membesarkan partai. Selain itu, untuk mewujudkan semua itu tidak bisa dikerjakan oleh satu orang, tetapi membutuhkan kerja tim yang solid.

“Kader Demokrat harus solid dan setia sebagai pondasi dasar kekuatan partai. Demokrat saat ini selalu diterpa dengan berbagai cobaan oleh pihak tertentu yang bertujuan merampas partai, dengan cara yang tidak konstitusional, namun gigihnya semangat semuanya bisa terlewati,” ujar AHY.

Baca Juga: Hari Ini, Pengurus DPD Demokrat Maluku Dilantik

AHY juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pimpinan DPD Sulawesi Barat dan Kalimantan Utara dan Maluku dan daerah lainnya yang selalu setia dengan pimpinan yang sah.

“Semoga dengan apa yang kita alami bersama tidak begitu saja kita lupakan. Dan ini membutuhkan sebuah komitmen yang matang dari seluruh kader,” katanya.

Kedepan, kata putra sulung Soesilo Bambang Yudyono (SBY) ini,  harus diperkuat mulai dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) hingga Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) sampai ke ranting. Demokrat adalah rumah besar para kader setia yang harus dijaga dengan baik, sebab dengan sinergitas partai ini semakin besar.

Strategi yang baik sangat diperlukan untuk mensukseskan Pemilu nanti. Meski Demokrat dihantam badai, tapi cita-cita untuk besarkan partai tidak surut dan semangat bagi para kader jangan hanya slogan, tapi harus dibuktikan dengan solidaritas dan kerjasama tim yang lebih baik.

“Kepada ketua yang baru dilantik harus jalankan kepemimpinan yang baik dan humanis untuk lebih besarkan partai. Rangkum semua kader agar ke depan partai ini semakin besar dan dicintai masyarakat, terutama dalam momentum pemilu 2024,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Demokrat Maluku yang baru dilantik Elwen Roy Pattiasina menegaskan, pelantikan pengurus baru merupakan titik awal start untuk bekerja. Dengan butuh kesabaran kesiapan dan kesetiaan, agar 2024 Demokrat harus jaya.

Salah satunya dengan perkuat, pengurus cabang hingga ranting, karena target 2024 untuk Pemilihan legislatif maupun kepala daerah harus menang. Untuk pileg Demokrat harus punya kursi DPR RI,  DPRD Provinsi juga demikian duduki unsur pimpinan.

Begitu juga Kabupaten/Kota dan Pilkada empat daerah SBB Malteng, Aru Buru dan Kota Ambon, Kader Demokrat siap bertarung.

Untuk Pilkada Gubernur Maluku Demokrat, sementara melihat perkembangan Kader Potensial untuk diusung nanti. Selain Kader siapapun yang di usung, harus bisa berdiri di atas kepentingan masyarakat.

“Kalau kita siap tidak mungkin kita  kalah Pileg maupun Pilkada harus menang. Kita harus solid dan membawa AHY jadi Presiden. Beliau adalah anak muda yang cemerlang,” ungkapnya.

Untuk diketahui, pengurus DPD Partai Demokrat Maluku periode 2021-2026 dinahkodai oleh Elwen Roy Pattiasina, didampingi Sekretaris Lattif Lahane dan Bendahara Umum Halimun Saulatum dengan jumlah kepengurusannya sebanyak 64 orang.  (S-16)