AMBON, Siwalimanews – Dipastkan besok, Sabtu (24/10) tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya akan uji kekuatan di debat publik yang berlangsung di TVRI Ambon.

Tiga paslon yaitu, Benya­min Thomas Noach-Ari Kili­kili, John Leunupun-Dolfina Markus dan Nikolas Kilikili-Desianus Orno.

“Sesuai dengan jadwal, tanggal 24 Oktober KPU MBD mengelar debat publik,” jelas Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun

Kubangun mengatakan, sesuai hasil koordinasi yang disampaikan KPU MBD kepada pihaknya, debat publik digelar di TVRI Ambon de­ngan menerapkan protokol kese­hatan.

“Sesuai data yang disampaikan terkait dengan kampanye yang difasilitasi KPU, maka debat publik atau debat terbuka akan dilakukan selama dua kali dan ada yang satu kali.

Baca Juga: KPU Aru Tunda Jadwal Debat Kandidat

Untuk Kabupaten MBD sendiri, debat terbuka akan dilakukan selama dua kali yaitu tanggal 24 Oktober dan tanggal 7 November 2020,” jelas Kubangun.

Terakit dengan panelis KPU Kabupaten MBD telah menyiapkan. Sherlock Lekipiouw bidang keah­lian Hukum Tata Negara, Hendrik Salmon bidang keahlian Hukum Tata Negara atau Adminstrasi Negara, Ruslan Tawari Manaje­men Perikanan, Jusuf Mandubun bidang Administrasi dan Kebijakan Publik dan M. R Uluputty dengan bidang keahlian Hama dan Penyakit.

Sambung Kubangun, materi de­bat nantinya sesuai Peraturan KPU diantaranya, berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan mas­ya­rakat, memajukan daerah, menyelesaikan persoalan daerah, pelayanan publik serta bagaimana kebijakan maupun strategi pena­nganan pandemi covid.

Selain MBD, tiga kabupaten lainnya juga akan dilaksanakan debat publik yaitu Kabupaten Kepulauan Aru tanggal 30 Oktober dan 4 November, Kabupaten Buru Selatan dtanggal 18 November dan 28 November, sedangkan untuk Kabupaten Seram Bagian Timur rencananya dilakukan tang­gal 17 November

“Teknisnya di kabupaten, KPU kabupaten yang akan menga­turnya,” ujar Kubangun.

Untuk diketahui, Banyamin Thomas Noach-Ari Kilikili didukung PDIP dengan tiga kursi, Nasdem 3 kursi, Hanura 3 kursi, PKPI 3 kursi, dan Demokrat 3 kursi.

Selanjutnya Nikolas Kilikili-Desianus Orno didukung oleh Gol­kar dan Gerindra masing-masing 3 kursi. Sedangkan pasangan calon perseorangan John Leunu­pun-Dolfina Markus memperoleh jumlah 5.966 suara.

Bursel Dua Kali

KPU Buru Selatan akan meng­gelar debat kandidat dua kali pada bulan November 2020.

“15 November 2020 dan 28 November 2020,” kata Ketua KPU Bursel, Syarif Mahulauw kepada Siwalima melalui pesan whatsApp, Kamis (22/10)

Untuk lokasi pelaksanaan debat, Mahulauw mengaku belum dipu­tuskan oleh pihaknya karena masih dikoordinasikan.

“Siapa saja dan dari latar bela­kang apa yang akan dipercayakan sebagai para penguji dalam proses pelaksanaan debat pun belum diputuskan sampai saat ini,” kata Mahulauw.

Untuk diketahui masa kampanye dimulai pada 26 September 2020 dan akan berakhir pada 5 De­sember 2020. Pemungutan suara dilaksanakan tanggal 9 Desember 2020

Sementara Pilkada Bursel diikuti oleh tiga pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati, yakni pasangan nomor urut 1, Hadji Ali-Zainudin Booy (AJAIB) yang diusung oleh Partai Golkar (3 kursi) dan Partai Gerindra (1 kursi).

Kemudian pasangan nomor urut 2, Abdurrahman Soulisa-Elisa Ferianto Lesnusa (MANIS) yang diusung oleh Partai Nasdem (3 kursi), Partai Hanura (2 kursi),  PPP (2 kursi).

Selanjutnya, pasangan nomor urut 3, Safitri Malik Soulisa-Gerson Eliaser Selsily (SMS-GES) yang diusung oleh PDI Perjuangan (2 kursi), PAN (2 kursi), Perindo (2 kursi), Partai Demokrat (2 kursi) dan Partai Berkarya (1 kursi). Pasangan ini pun didukung oleh lima partai non seat, yakni PKB, PKS, PSI, PKPI dan PBB. (S-35)