AMBON, Siwalimanews – KPU Provinsi Maluku memastikan empat kabupaten penyelenggara pilkada serentak siap melakukan pemunggutan suara pada 9 Desember 2020 mendatang. Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun kepada Siwalima, Minggu (29/11) mengatakan sesuai dengan hasil monitoring pada Kabupaten MBD, Kabupaten SBT, Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Buru Selatan telah didapati seluruh proses pilkada berjalan sesuai dengan jadwal tahapan.

“Kami selalu melakukan monitoring dan semua sudah sesuai dengan tahapan pilkada, karena itu KPU empat Kabupaten ini sudah siap,” ungkap Kubangun.

Dijelaskan, dari sisi logistik surat suara telah diterima oleh KPU masing-masing dan telah selesai disortir serta dilakukan pengesatan, tetapi memang ada keku­rangan karena rusak maupun tinta yang tidak jelas namun telah dikoordinasikan dan diselesaikan.

Menurutnya, saat ini  KPU masing-masing sedang melakukan bimbingan teknis kepada petugas KPPS dan nantinya dilakukan rapid tes oleh gugus tugas baik untuk KPPS, PPS, PPK dan KPU Kabupaten.

Kendati dari sisi logistik telah siap, namun ada kendala krusial yang juga diungkapkan Kubangun berkaitan dengan PKPU pemungutan dan perhitungan suara yang menentukan penggunaan alat bantu Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) yang nantinya oleh PPS digunakan untuk mengumumkan hasil pemungutan suara pada seluruh TPS yang berada di wilayahnya.

Baca Juga: Mose Maahury Yakin Benyamin-Ari Terpilih Pimpin MBD

“Ada kendala yang paling krusial berkaitan dengan PKPU pemungutan dan pemungutan suara diaman ditentukan berkaitan dengan penggunaan alat bantu sirekap sistem informasi rekapitulasi,” tuturnya.

Kendala yang dihadapi berkaitan de­ngan penggunaan sirekap ini ialah jari­ngan internet yang tidak memadai, kare­na itu KPU masing-masing telah diarahkan oleh KPU RI untuk melakukan komunikasi dengan Pemda melalui Dinas Infokom untuk mencari solusi terkait masalah ini.

Selain itu, menjelang pemungutan suara, KPU masing-masing kabupaten juga sedang melakukan sosialisasi be­berapa hal baru kepada masyarakat yang nantinya harus dipatuhi saat berada di TPS. Seperti menggunakan masker, mencuci tangan, sterilisasi lokasi TPS,  diberikan sarung tangan plastik dan ditetes tinta ketika telah menggunakan hak pilihnya.

Pemprov Siap Bantu

Pemerintah Provinsi Maluku siap membantu mendistribuskan logistik pemilihan kepala daerah serentak di empat kabupaten kota. Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Buru Selatan dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

“Jadi kita siap membantu pendistri­busian logistik KPU dengan menyiapkan armada angkutan,” kata Sekda Maluku Kasrul Selang kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku Sabtu (28/11).

Untuk itu diharapkan kepada penye­lenggara pilkada di empat kabupaten apabila mengalami kesulitan bisa berkonsultasi dengan Pemprov Maluku.

“Kita punya armada angkutan, bisa kita konsultasikan dengan TNI dan Polri untuk membantu agar bisa menjangkau sampai ke pulau-pulau terluar,” jelas Kasrul.

Kondisi cuaca di Maluku menurutnya sering beruba-ubah juga menjadi salah satu kendala dalam proses distribusi.

“Pada dasarnya kita siap membantu dan untuk teknisnya nanti akan di bicarakan dengan penyelenggara pemilu di Provisi Maluku bersama dengan TNI dan polri,” tandasnya. (S-50/S-39)