BUPATI Maluku Tengah Tuasikal Abua, menghadiri panen perdana padi sawah di Negeri Samal, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (19/3) lalu.

Bupati Abua, memberikan himbauan kepada para petani, khususnya Kelompok Tani yang berada di Negeri Samal, agar tetap memupuk rasa percaya diri, semangat untuk kerja keras agar mencapai hasil yang lebih baik dan menjadi petani yang profesional, sehingga menjadi contoh dan teladan yang baik kepada Kelompok Tani yang lain yang ada di Kabupaten Maluku Tengah,” himbau Tuasikal.

“Bagi saya, keberhasilan ini adalah wujud komitmen para petani dan kita semua dalam rangka mendukung program pemerintah, untuk mewujudkan ketahanan pangan sebagai pilar perekonomian bangsa, dengan memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia di wilayah masing-masing,” kata Abua.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah, akan memberikan bantuan Rehabilitasi Jaringan irigasi Pertanian sebesar 75.000.000 kepada Kelompok Tani Sukamaju Negeri Morokay.

Baca Juga: Lahan 1 Hektar Dibebaskan Untuk Bangun Embung

Pembangunan Jalan Usaha tani sebesar 100.000.000 kepada Kelompok Tani Semangat Baru Negeri Waimusi dan Gemah Ripah Negeri Wai Asih.

Bantuan Combine Harvester besar/Multifungsi daya min 31 kw kepada Kelompok Tani Teladan Negeri Waimusi.

Bantuan UV dryer, Bangunan RMU dan RMU kapasitas 1-1,5 ton kepada Kelompok Tani Tunas Baru Negeri Waitonipa.

Bantuan Colour Shorter kepada Kelompok Tani Bangun Karso Negeri Morokay.

Bantuan Renovasi Balai Penyuluh Pertanian Kobi dan bantuan Sarana pendukungnya sebesar lima ratus tujuh puluh juta rupiah (Rp. 570.000.000) Bantuan Cultivator.

“Kami sangat berharap, semoga dengan adanya bantuan yang diberikan ini, dapat memberikan motivasi bagi seluruh masyarakat khususnya para petani untuk selalu bersemangat dan tetap produktif meningkatkan produksi pangan, khususnya dalam hal produksi beras dan produk-produk unggulan pertanian lainnya agar terus dapat dikembangkan,” ucap Abua (S-17)