Bantuan yang diberikan pemerintah pusat bagi kabupaten Maluku Barat Daya(MBD) diharapkan dapat menjadikan MBD sebagai kabupaten termaju di Maluku.

Hal tersebut disampaikan Deputi I Kantor Staf Presiden, Febry Calvin Teteleptta, dalam rapat bersama dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya, di ruang rapat Kantor Bupati MBD, belum lama ini.

Diungkapkan, indikator yang menandakan kabupaten ini akan menjadi termaju di Maluku seperti banyaknya pembangunan di kabupaten bertajuk bumi Kalwedo itu.

Melalui bantuan lanjut Teteleptta seperti rencana pembangunan jalan lingkar Pulau Babar pada tahun 2022 dan jalan lingkar Pulau Wetar di 2023 mendatang.

“Pendidikan dan kesehatan saya akan berkoordinasi dengan Deputi II KSP, agar fasilitas pendidikan dan kesehatan dapat dilengkapi, sehingga kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan semakin baik,” janji Teteleptta.

Baca Juga: Ketua PKK Buka Lomba 10 Program Pokok PKK

Ditambahkan, dirinya telah berkoordinasi dengan kepala dinas Kelautan Perikanan Provinsi Maluku agar memprioritaskan MBD sebagai salah satu daerah Lumbung Ikan di Maluku.

“Dengan menetapkan MBD sebagai daerah lumbung ikan, maka dapat menunjang peningkatan ekonomi daerah dan rakyat, ” katanya.

Ditempat yang sama, Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach, di dalam sambutannya mengungkapkan, beberapa agenda pertemuan pemerintah MBD dengan kementerian dan Dirjen pada kementrian terkait, selalu difasilitasi oleh Deputi I KSP.

Hal ini saya memberikan apresasi dukungan tersebut. Deputi I KSP kata Noach, juga akan mengusahakan beberapa pembangunan infrastruktur di MBD, misalnya, rencana penambahan jalur runway Bandara Jos Imsula Orno sepanjang 400 meter, termasuk mengupayakan agar semua desa di kabupaten itu dapat teraliri listrik.

“Dengan bantuan dan dukungan yang diberikan kepada kami sangat diharapkan pembangunan daerah kedepan berkembang pesat dan menjadikan MBD sebagai salah satu kabupaten maju di Maluku,” tandasnya. (S-39)