BUPATI Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua mengharapkan Kepala Kecamatan (Camat) Kepala Pemerintah Negeri (KPN) berperan aktif mendorong pencapaian target Vaksinasi yang saat ini terus berjalan di Kabupaten bergelar Pamahanu-Nusa itu.

Harapan Bupati Tuasikal, acap kali ditegaskan saat dirinya melakukan kunjungan kerja di hampir seluruh kecamatan yang ada pada kabupaten bergelar Pamahanu-Nusa itu.

Dalam kunjungannya ketiga kecamatan di Seram Utara pekan lalu,Tuasikal terus menegaskan hal itu.

“Partisipasi seluruh perangkat pemerintah. Mulai dari Camat, KPN hingga seluruh elemen pemerintah harus terus dilakukan.capaian target Vaksinasi masal harus terus kita tingkatkan,” tandas Tuasikal.

Baginya, sambung Tuasikal partisipasi aktif perangkat pemerintahan secara langsung akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memberi diri guna divaksin.

Baca Juga: Bocah Perempuan Hilang, Diduga Diterkam Buaya

“Camat dan Kepala Pemerintah Negeri harus aktif dan menjadi teladan. Dengan begitu warga akan sadar dan mengikuti program vaksinasi,” tegasnya.

Upaya pemerintah Kabupaten Maluku Tengah untuk menggenjot capaian target vaksinasi massal sejalan dengan dorongan peme­-rintah memperkuat ketahanan ekonomi masyarakatnya. Hal itu ditunjukkan dengan berbagai bantuan yang diserahkan Bupati dalam setiap kunkernya ke kecamatan dan negeri yang ada di Malteng.

Di Kecamatan Seram Utara Timur Seti dan Kobi, Abua menyerahkan bantuan tambahan pagu alokasi dana desa untuk seluruh negeri, kartu keluarga, KTP, beras sebanyak 3,9 ton.

Bantuan usaha mikro, pengembangan bahan pustaka buku 135 buah, dana rehabilitasi irigasi tersier kepada 8 kelompok tani Rp75 juta, mesin penggiling padi 1 paket.

Berikut bantuan 5 unit hand­traktor, mesin pompa air 34 unit, mesin tanam padi 2 unit, bantuan sosial rumah swadaya Rp20 juta kepada 59 kepala keluarga.

Selanjutnya Kecamatan Pulau Haruku, bantuan sembako kepada 89 kepala keluarga (KK), 465 Kartu BPJS, 115 keping KTP. Dan sembako kepada fakir miskin, anak yatim dan warga lanjut usia.

Abua juga menyerahkan bantuan sarana perikanan tangkap, pertanian. Bantuan kepada 505 orang pelaku usaha kecil, pembagian 800 paket masket gratis, makan tambahan kepada ibu hamil dan balita. Dan deteksi dini kanker dan sosialisasi 10 program PKK.

“Selaku kepala daerah, saya ingin pastikan pemerintah keca­-matan, negeri turut aktif dalam penanganan corona. Dan memastikan vaksinasi massal Covid-19 berjalan baik,” kata Abua.

Karena itu, perhatian dan dukungan pemerintah kecamatan, pemerintah negeri didorong agar percepatan pelaksanaan program vaksinasi massal berjalan lancar dan maksimal. (S-36)