MASOHI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua memberikan dukungan penuh serta mendorong percepatan pelaksanaan reforma agraria di kabupaten tersebut.

Dikatakan, menuju era kebiasaan baru sebagai dampak dari upaya menghadapi Pandemi Covid-19, maka berkaitan dengan itu kegiatan reforma agraria perlu di dorong dan dilaksanakan di Malteng.

“Reforma agraria sesungguhnya akan berhasil salah satunya dengan peran dan dukungan pemerintah daerah serta sinergitas nyata semua pemangku kepentingan dan pelaksanaan Reforma Agraria,” tandas Abua dalam sambutannya saat membuka rapat lanjutan koordinasi penyelenggaraan gugus tugas reforma agraria Kabupaten Malteng di Baileo Soekarno Masohi, Rabu (12/8).

Untuk itu kata Abua, rapat lanjutan ini memiliki tujuan yang sangat baik dan strategis sebab, melaluinya akan terbentuk wadah koordinasi guna mendorong arah dan tujuan reforma agraria demi kemakmuran rakyat.

“Secara pribadi dan mewakili pemkab saya mengapresiasi dan menyambut baik terselenggaranya rapat lanjutan ini dalam rangka membangun kesepahaman dan kesepakatan bersama guna mendorong arah reforma agraria untuk pemanfaatan seluas luasnya bagi kemakmuran masyarakat di wilayah Malteng,” ujarnya.

Menurutnya, reforma agraria merupakan salah satu cita-cita pemerintah yang perlu mendapat dukungan penuh dari semua pemangku kepentingan, baik pusat maupun daerah.

Pasalnya, melaluinya akan terbentuk suatu integrasi dan sinergitas yang tujuannya adalah untuk mewujudkan tujuan dari reforma agraria itu sendiri.

“Ini merupakan cita-cita besar pemerintah untuk mewujudkan kemakmuran rakyat. Olehnya semua pihak atau pemangku kepentingan baik di pusat maupun di daerah patut berikan dukungan penuh demi suksesnya pencapain tujuan dilakukannya reforma agraria itu sendiri,” ucapnya.

Sejalan dengan itu lanjut Abua, dalam rangka menuju era tatanan kebiasaan baru menghadapi tantangan pandemi Covid-19, maka Pemkab Malteng akan memberikan dukungan dalam upaya mendorong reforma agraria terlaksana di kabupaten ini.

Abua juga minta agar melalui rapat ini serta penandatanganan nota kesepahaman antara pelaksana reforma agraria dengan Pemkab Malteng mengenai arah dan kebijakan, serta peningkatan kapasitas pelaksanaan di daerah Malteng dapat mendorong upaya percepatan pelaksanaan reforma agraria di daerah kabupaten tertua di Maluku itu.

“Melalui kegiatan ini pula saya ajak kita semua untuk selalu bekerja sama bergandengan tangan, bahu-membahu serta terus kembangkan semangat kebersamaan dalam pembangunan, melayani masyarakat dengan tulus dan penuh keikhlasan sesuai dengan tugas dan fungsi kita masing masing agar kita dapat mewujudkan Malteng yang lebih maju, sejahtera, berkeadilan, dalam bingkai semangat hidup orang basudara,” pungkasnya. (S-36)