AMBON, Siwalimanews – Akibat curah hujan yang tinggi dalam dua bulan terakhir ini yang melanda Kota Ambon, membuat sejumlah ruas jalan mengalami kerusakan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Ambon Enriqo Mattitaputy mengaku, ada disekitar delapan atau sembilan ruas jalan yang aloami kerusakan dan saat ini sementara dalam proses perbaikan.

“Ada sekitar delapan sampai sembilan titik ruas jalan yang dalam proses perbaikan. Seperti di kawasan Kebun Cengkih, Waiheru dan beberapa lokasi lainnya,” ungkap Matitaputy, kepada wartawan di Ambon, Rabu (12/8).

Menurutnya, sejumlah ruas jalan yang alami kerusakan ini dikarenakan air hujan yang menggenangi badan jalan sehingga membuat jalan mudah berlubang dan rusak.

Proses perbaikan ini juga berbarengan dengan program dari provinsi maupun Balai Jalan Wilayah Maluku.

“Sekarang semua satu kali jalan. Jadi orang tidak tahu itu pekerjaan kota, provinsi atau balai. Tapi yang pasti di Ambon ada delapan hingga sembilan titik yang sementara diperbaiki,” ucapnya.

Ditanya soal jalan di kawasan Kebun Cengkih, yang baru saja selesai dikerjakan pada tahun kemarin dan kembali rusak Matitaputty kembali mengatakan, kerusakan ini dikarenakan curah hujan yang tinggi.

“Biar hari ini selesai dikerjakan dan kemudian langsung berhadapan dengan musim penghujan, pasti itu jalan rusak, sebab air terus menggenang badan jalan,” paparnya

Untuk itu kedepan kata Matitaputty, kedepan memperhatikannya kembali dengan membangun drainase agar ketika hujan air dengan mudah masuk ke dalam drainase sehingga tak ada genangan air. (Mg-5)