AMBON, Siwalimanews – Batutua Kharisma Permai dan Batutua Tembaga Raya (BKP-BTR) memperoleh anugerah penghargaan dari Pemerintah Maluku, karena telah mengutamakan karyawan dari Maluku dan risiko kecelakaan kerja minimal.

Gubernur Murad Ismal menyerahkan plakat penghargaan tersebut kepada Presiden Direktur BKP-BTR Ryan Whyte dalam upacara ulang tahun ke-77 Provinsi Maluku di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, pada 19 Agustus.

BKP-BTR adalah perusahaan yang mengoperasikan Wetar Copper Mine, usaha penambangan dan pengolahan tembaga katoda di Pulau Wetar, Kabupaten Maluku Barat Daya. Karyawan Wetar Copper Mine saat ini berjumlah 1329 orang.

Delapan ratus orang atau lebih dari 60 persen di antaranya berasal dari Maluku. Jumlah tersebut belum termasuk sekitar 300 orang yang juga dari Maluku yang bekerja pada mitra kontraktor.

Mereka semua mendapat peningkatan kapasitas dan karir melalui berbagai jenis pelatihan. Di luar itu, ada pelatihan khsusus mengoperasikan alat berat yang ditujukan bagi para perempuan dari Maluku Barat Daya. Saat ini, sudah 75 lulusannya yang mengisi 30 persen dari semua tenaga operator.

Baca Juga: Jokowi Berencana ke Saumlaki, Pangdam Cek Kesiapan

Bersamaan dengan itu, Wetar Copper Mine senantiasa mengutamakan faktor kesehatan dan keselamatan kerja. Sejak Januari 2018 hingga Januari 2022 telah tercatat lebih dari 14 juta jam kerja tanpa kecelakaan.

Wetar Copper Mine bangga karena kerja terbaik, bakti terhadap lingkungan hidup dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukannya berdampak baik bagi Maluku. Wetar Copper Mine yang merupakan anak usaha dari Merdeka Copper Gold berterima kasih atas apresiasi dari Pemerintah Maluku. (S-08)