AMBON, Siwlaimanews – Sebanyak 33 atlet Maluku menyatakan diri siap untuk berlaga di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke-16 tahun 2021 di Papua.

Pelaksana harian Sekda Maluku Sadali Ie atas nama Pemda Maluku melepas kontingen National Paralympic Committee Provinsi Maluku ke ajang tersebut, yang ditandai dengan penyerahan Pataka dari Sekda kepada Wakil Ketua Chef de Mission Junet Heluth, di Aula Wisma Atlit Karang Panjang, Senin, (1/11).

Pada kesempatan itu Sadli meminta kepada para atlet untuk menampilkan performa terbaik, saat berlomba.

“Pada dada kalian terpatri nama Maluku yang patut dijaga dengan sportifitas dan dipertaruhkan kehormatannya, kapan dan dimana pun kalian berada,” pinta Sadli.

Selain itu, para atlet juga diingatkan aagar para telt berjuang dengan memanfaatkan semua peluang yang ada.

Baca Juga: Pengusutan Kasus Gedung Mipa Unpatti Dihentikan

“Selama waktu atau peluit tanda berakhirnya laga belum tiba, selama itu pula masih ada kesempatan untuk meraih kemenangan,” tandas Sadli.

Para atlet juga diminta untuk tidak merasa berkecil hati atau rendah diri karena keterbatasan fisik yang dialami, sebab dimata masyarakat Maluku dan Tuhan, kalian semua berharga.

Sekda juga yang memberikan apresiasi dan menyambut baik pelaksanaan Peparnas itu dibuktikan dengan Maluku masih memiliki atlet olahraga dari kalangan disabilitas, yang siap mengharumkan nama dan kehormatan daerah ini diajang Peparnas.

“Kita telah membuktikan, bila keikutsertaan para atlit difabel Maluku di level nasional maupun internasional, tidak kalah pencapaian prestasinya dengan para atlit non difabel pada umumnya,” ujar Sadli.

Sementara itu, Ketua NPC Provinsi Maluku Adyos Astan menmbahkan, 33 atlet siap mengikuti Peparnas di Paupa.

Para atlet ini telah menjalani Pelatda selama enam bulan menjelang keikutsertaannya di ajang tersebut. Puluhan atlet tersebut terbagi dalam enam cabang olahraga yakni, tenis meja, badminton, renang, atletik, catur dan menembak.

“33 Atlet ini didampingi 10 pelatih dan CdM yang dipimpin Kadispora Maluku Sandi Wattimena selaku Ketua CdM,” jelasnya. (S-45)