AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 456 warga di Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) menerima vaksinasi gratis, Selasa (7/9).

Vaksinasi gratis merupakan program pemerintah dengan melibatkann institusi Polri. Jajaran Kepolisian Daerah atau Polda Maluku juga dilibatkan untuk memberikan vaksin secara gratis kepada warga masyarakat di wilayah Provinsi Maluku.

Kegiatan serbuan vaksinasi presisi “Merdeka Siwalima” ini dilakukan oleh Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease dengan Bidang Dokes Polda Maluku. Tim Vansinator terdiri dari 15 orang di bawah pimpinan dr. Ranti Andami.

Adapun warga yang mendaftarkan diri untuk terima vaksin sebanyak 306 orang. Hanya 256 orang yang divaksin. Di mana vaksin yang dipakai 26 vial.

Rinciannya, Vaksin Sinovac I sebanyak 236 orang. Vaksin Sinovac II 19 orang, dan Vaksin Astra II hanya 1 orang.

Baca Juga: Dishut Maluku Bersihkan Sampah di Kawasan Magrove

Sementara itu warga yang sudah mendaftrar tetapi harus ditunda (belum bisa divaksin), sebanyak 50 orang. Itu karena mereka mengalami gangguan kesehatan.

“Ada mancam macam penyakit, sehingga proses vaksinasi terhadap mereka yang sudah mendaftar ini ditunda oleh tim medis,” jelas Kapolsek Leihitu Iptu Julkisno kepada beritabeta.com, Rabu (08/09).

Ia berharap kepada masyarakat Leihitu agar lebih antusias lagi untuk menjalani program vaksinasi.

Kapolsek mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mempercayai kabar bohong seputar program vaksinasi.

“Ini demi meningkatkan kekebalan tubuh. Termasuk memutus penyebaran Covid-19 di Maluku. Jangan percaya dengan informasi yang tidak benar sumbernya. Intinya, vaksin ini aman dan halal,” tandasnya.

Program vaksinasi gratis dikawal personil Polsek Leihitu di bawah pimpinan Kapolsek Leihitu Iptu Julkisno Kaisupy itu hingga selesai berjalan aman dan lancar.(S-45)