AMBON, Siwalimanews – Ratusan tenaga medis dan non medis yang selama ini bertugas di RSUD dr. Ishak Umarella atau dikenal dengan RS Tulehu, menjalani pengambilan swab untuk diperiksa di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP).

Pengambilan swab ini buntut dari terpaparnya direktur dan 13 tenaga medis dan tenaga non medis, serta 4 warga yang dirawat RSUD dr. Ishak Umarella.

“Jadi Sabtu (13/6) kemarin hampir 200 tenaga medis dan non medis yang menjalani swab. sebelumnya kan sudah ada 46 orang tenaga medis juga diswab,” jelas Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kasrul Selang kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Senin (15/6).

Dikatakan, untuk memastikan tenaga medis dan non medis itu aman ketika melakukan pelayanan kepada masyarakat di rumah sakit maka perlu dilakukan swab.

“Jadi sudah diswab hampir 200 tenaga medis dan non medis, mudah-mudahan besok atau lusa, kita sudah terima swabnya dari BTKL,” ujar Kasrul.

Baca Juga: Terseret Ombak, 1 Warga SBB Belum Ditemukan

Ditanya bagaimana dengan hasil swab 46 tenaga medis sudah diambil beberapa hari sebelumnya, kasrul mengaku, belum juga diterima hasilnya.

“Kalau untuk 46 juga kita belum terima, semoga secepatnya, kita dengar hasilnya,” tandasnya.

Direktur Terpapar

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Maluku memastikan Direktur RSUD dr Ishak Umarella Tulehu, dr Dwi Murti Nuryanti, positif terpapar Corona.

Selain direktur, ada 13 tenaga medis dan non medis di rumah sakit tersebut yang terpapar virus mematikan itu. Sedangkan 4 lainnya, adalah warga Tulehu.

“14 tenaga medis dan non medis, diantaranya direktur yang saya tahu terpapar, 4 lainnya warga Tulehu,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Maluku, Kasrul Selang, kepada wartawan di kantor Gubernur Maluku, Jumat (12/6).

Untuk memastikan mereka terpapar dari mana, Kasrul mengatakan, tracking akan dilakukan terhadap para pasien.

“Nanti tracking kita baru dapat tahu 14 tenaga medis dan non medis terpapar dari mana, termasuk dengan 4 warga Tulehu,” ujar Kasrul.

Dia menjelaskan, pengambilan sampel swab dilakukan terhadap 21 tenaga medis dan non medis di RSUD dr Ishak Umarella serta warga beberapa waktu lalu.

Setelah hasil uji sampel swab keluar dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL PP) Kelas II Ambon, 18 orang dinyatakan positif. Kasrul meluruskan data sebelumnya yang disampaikan Karo Humas dan Protokol Setda Maluku, Melky Lohy.

Kamis (11/6) Lohy mengungkapkan, sebanyak 18 orang paramedis di RSUD dr Ishak Umarella Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah positif terpapar Corona.

“Jadi kita baru terima hasil swab dari BTKL PP Kelas II Ambon, bahwa 18 tenaga medis dan non medis di RSUD Ishak Umarella Tulehu terpapar,” kata Lohy kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku.

Namun Kasrul meralat keterangan tersebut. Ia mengatakan, 18 orang itu bukan seluruhnya tenaga medis.

“Jadi 18 pasien yang terpapar itu, 14 tenaga medis dan non medis, sedangkan 4 orang adalah warga Tulehu,” ungkapnya.

Kasrul mengatakan, aktivitas pelayanan di RSUD dr Ishak Umarella ditutup selama 14 hari terhitung Jumat, 12 Juni untuk sterilisasi.

“Dengan terpaparnya 14 tenaga medis dan non medis di Tulehu langsung arahan untuk tutup, jadi perintah pimpinan, kita tutup sementara untuk lakukan sterilisasi,” ujarnya.

Sementara 14 tenaga medis dan non medis bersama empat warga Tulehu saat ini menjalani perawatan di RSUD dr Ishak Umarella.

“Mereka sudah diisolasi di rumah sakit yang sama, tetapi di tempat yang berbeda. Tidak gabung masyarakat dengan tenaga medis,” jelas Kasrul.

Terkait dengan tracking, Kasrul mengaku pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan raja Negeri Tulehu, Polsek Salahutu serta Koramil Salahutu untuk membantu gugus tugas.

“Kita berharap dukungan basudara semua di Negeri Tulehu bantu kita melakukan tracking nanti,” harapnya.

Ditambahkan, Gugus Tugas Covid-19 Maluku dalam waktu dekat akan melakukan rapit test terhadap 200 tenaga medis dan non medis di RSUD dr Ishak Umarella.

“Secara keseluruhan hampir 300 tenaga medis dan non medis. 46 sudah dilakukan swab, hasilnya belum keluar.

Sedangkan sekitar 200 tenaga medis dan non medis akan dilakukan rapid test dulu,” jelas Kasrul.

Data Dikumpulkan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Maluku Tengah mulai melakukan pengamatan dan menghimpun data awal untuk melakukan tracking terhadap 14 tenaga medis dan non medis serta 4 warga Tulehu yang positif terpapar Corona. (S-39)