AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon tengah mempersiapkan sumber daya pe­-kerja sosial masyarakat yang kom­peten dalam mengatasi berbagai situasi.

PSM sendiri merupakan masyara­kat yang mempunyai jiwa peng­abdian sosial, kemauan, dan kemam­puan dalam penyelenggaraan kese­jah­teraan sosial.

“Sebagai penyelenggaraan kese­jah­teraan sosial maka menjadi tugas pemerintah menyediakan SDM yang terampil, terlatih dan kompeten,” terang Walikota Ambon dalam sam­butan yang dibacakan oleh Asisten Bidang Bidang Administrasi Umum, Sekretariat Kota Ambon Rulien Purmiasa, ketika membuka pelatihan dalam rangka peningkatan potensi PSM di salah satu hotel di Kota Am­bon, Rabu (2/8).

Dikatakan pembentukan PSM sejalan dengan Peraturan Menteri Sosial nomor 10 Tahun 2019 yakni mewujudkan penyelenggaraan kese­jahteraan sosial, terlaksananya pelayanan sosial masyarakat, dan terpenuhinya kebutuhan masya­rakat terhadap pelayanan sosial.

“Ini penting sehingga mereka mampu mengatasi, beradaptasi se­cara sosial dan melakukan peru­bahan di lingkungannya,” jelasnya.

Baca Juga: Pemprov Maluku Pasrah ANP Dicoret Pempus

Kegiatan yang dilakukan saat ini, menurutnya sekaligus meningkatkan kapasitas pekerja sosial dalam tugas dan fungsinya guna menyeleng­garakan pelayanan dan kesejah­teraan sosial di Kota Ambon.

Peningkatan kapasitas ini juga dapat berimplikasi pada setiap program pemerintah yang juga dija­lankan oleh PSM yang terlatih dalam menangani setiap permasalahan sosial di masyarakat.

“Semua ini dilakukan semata-mata hanya untuk membantu pemerintah dalam mengusahakan kesejahteraan sosial bagi seluruh masyarakat termasuk PSM di Kota Ambon,” jelasnya.

Untuk itu walikota berharap 50 orang PSM yang tersebar desa atau negeri dan Kelurahan semakin kompeten dan berkualitas dalam menjalankan tugas serta fungsinya.

Kegiatan ini juga menghadirkan dua narasumber, yakni Wakil Ketua Umum Ikatan PSM Nasional, Siti Aliptinah dan Pembantu Rektor UKIM M. J. Maspaitella. (S-25)