MASOHI, Siwalimanews – Sedikit 15 rumah warga di Negeri Oma, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, dihantam angin puting beliung, Selasa, (31/10).

Kepala BPBD Kabupaten Maluku Tengah Latief Key menjelaskan, pihaknya telah mengetahui adanya hantaman angin puting beliung di Negeri Oma, Kecamatan Pulau Haruku Maluku Tengah.

Dimana saat ini, pihaknya telah meminta Kepala Pemerintahan Negeri setempat untuk segera menyampaikan laporan data kerusakan resmi kepada BPBD hal ini dimaksudkan agar proses penanganan dan penanggulangan dapat segera dilakukan oleh BPBD.

“Benar bahwa kemarin angin puting beliung menyerang Negeri Oma, Kecamatan Pulau Haruku. Terhadap itu masih menunggu laporan data resmi dari Pemerintah Negeri Oma, agar BPBD dapat melakukan persiapan penanggulangan dan penanganan terhadap korban yang mengalami kerusakan akibat terpaan angin puting beliung, Selasa (31/10) kemarin itu,” jelas Key kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Rabu (1/11).

Latif menambahkan, laporan data dibutuhkan BPBD dapat mengidentifikasi jenis bantuan dan pola penanganan yang akan dilakukan.

Baca Juga: Unpatti Kirim 14 Peserta di MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional

“Tentu kita membutuhkan laporan data resmi dari pemerintah negeri setempat. Ini dasar untuk kita mengambil langkah yang tepat untuk menangani masyarakat korban terdampak dari angin puting beliung itu,” tandasnya.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah tidak akan tinggal diam. Bantuan dan penanganan akan segera dilakukan setelah Pemerintah Negeri Oma menyampaikan laporan data resmi kepada BPBD.

“Tentu bantuan akan kita salurkan, namun kita menunggu laporan data resmi dari Negeri Oma, baik itu data berupa jenis kerusakan, banyaknya kerusakan serta berapa jumlah korban dari kasus angin puting beliung itu,” jelasnya.(S-17)